Gunung Jempol atau Lebih Akrab Dikenal Dengan Bukit Selero

oleh
Photo by @ask.sarrymartin

Gunung Jempol atau yang lebih dikenal dengan Bukit Serelo, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Kabupaten yang berjarak sekitar 270 km dari ibukota Palembang. Lahat juga terkenal dengan wisata alamnya dan beragam sejarah yang menyelimuti daerah tersebut, oleh karena itu bila kamu berpergian ke Sumatera Selatan tidak salah datang ke Lahat.

Baca Juga: Perhatikan 5 Bahaya Saat Melakukan Pendakian Gunung Kerinci

Wisata alam Lahat diantataranya adalah Bukit Selero ini selain itu juga banyak air terjun yang bertebaran di Lahat diantaranya air terjun lawang Agung yang berlokasi di Talang Tinggi, Muara Payang, air terjun bidadari yang berlokasi di karang dalam, Pulau Pinang ada juga sumber air panas tanjung sakti  yang berlokasi di Pulau panggung dan masih banyak wisata alam lainnya yang ada di Kabupaten Lahat. Sementara untuk yang suka sejarah kamu bisa berkunjung ke Batu Bacan dan Rumah Batu yang memiliki cerita Peninggalan sejarah erat kaitannya dengan legenda sumpah Si Pahit Lidah dan kutukan ibunya,”  Lokasi wisata sejarah ini berada di Kota Raya Lebak, Kec.Pajar Bulan.

Loading...

Baca Juga: Danau Gunung Tujuh, Danau Tertinggi Se-Asia Tenggara Yang Mempesona

Ternyata banyak juga wisata yang ada di Kab. Lahat, untuk itu kita kembali ke topic utama yaitu membahas yang namanya gunung jempol yang lebih akrab disebut dengan bukit Selero, sepertinya bukit ini menjadi iconnya Kab.Lahat karena secara tidak langsung jika ke lahat pasti menjadi kenangan tersendiri ”bukit selero” ini, dikarenakan bentuk yang menyerupai stupa atau jari telunjuk yang menjulang ke atas langit. Bagaimana sih untuk bisa menggapai gunung jempol ini? transportasi menuju bukit selero(gunung jempol) kamu bisa naik bus dari Pagar Alam menuju Lahat (etimasi waktu perjalanan kurang lebih 90 Menit) sesampai di terminal Lahat dilanjutkan dengan kendaraan umum menuju Desa Ulak Pandan, Merapi Barat. Jika kamu sudah di Lahat berarti cukup menuju Desa Ulak Pandang sedangkan untuk biaya transportasi kurang lebih 60rb dari Pagar Alam. Setelah kamu sampai di Desa Ulak Pandan tentunya kamu ingin melakukan treeking ke Bukit Selero akan tetapi sebelum melakukan pendakian kamu harus benar-benar siap ia karena medan menuju puncak bukit ini cukup terjal didominasi oleh batu dan kerikil , akan tetapi kamu cukup tenang banyak rest area yang bisa kamu gunakan sebelum sampai di puncak bukit salero, Biasanya rest area ini juga digunakan para pendaki lain untuk beristirahat dan camping sejenak sebelum sampai top Bukit Selero. Pihak pemerintah juga akan membuat sebuah jalur tangga (via Ferrata) seperti gunung parang yang ada di Purwakarta agar para pendaki lebih mudah untuk menggapai bukit selero nantinya.

Baca Juga: Danau Taman Hidup Gunung Argopuro, Yang Penuh Misteri Namun Menggoda

Dari bukit selero kamu bisa menikmati pemandangan yang aduhay khas Lahat, selain itu kamu juga bisa melihat paralayang serta aktifitas lain di kaki bukit selero yang dijadikan area camping. Selain kamu mendaki di bukit selero yang suka Gajah di kawasan bukit selero juga terdapat puluhan gajah yang dilatih untuk dapat bergerak menirukan hal-hal tertentu yang dilatih oleh para pawang gajah, sepertinya hal menarik setelah mendaki mempir kesini sob mendaki sambil berwisata melihat tingkah polah sang Gajah aslin Sumatera.

Please rate this