Biaya Mendaki Gunung Elbrus

oleh

Bagi seseorang yang gemar mendaki gunung, mendaki gunung yang memiliki ketinggian atau medan yang jauh lebih menantang dibandingkan dengan gunung-gunung yang pernah didaki sebelumnya merupakan suatu tantangan, pencapaian dan kepuasan tersendiri.

Bila Anda gemar mendaki gunung dan sudah menjajal hampir seluruh gunung tertinggi di Indonesia dan berniat untuk menjajal gunung yang berada di luar negeri, maka Anda perlu menjajal mendaki Gunung Elbrus.

Untuk mengetahui berapa biaya pendakian Gunung Elbrus, simak pembahasan di bawah ini.

Mengenal Lebih Dekat Gunung Elbrus

Gunung Elbrus merupakan gunung berapi yang terletak di bagian selatan negara Rusia (berbatasan dengan Georgia) dan merupakan gunung terbesar di negara beruang tersebut.

Gunung Elbrus memiliki ketinggian 5.642 mdpl. Sementara puncak gunung tertinggi di Indonesia yatu dimiliki oleh Puncak Jaya Wijaya yang memiliki ketinggian 4.884 mdpl.

Jadi bila Anda tertarik untuk mendaki Gunung Elbrus ada baiknya untuk berlatih mendaki gunung Jaya Wijaya, Gunung Mandala (4.760 mdpl) atau Gunung Trikora (4750 mdpl).

Persiapan Mendaki Gunung Elbrus

Sebelum Anda mendaki Gunung Elbrus ada hal yang mesti Anda pahami betul yaitu medan dan cuaca di gunung tersebut.

Bila Anda pernah mendaki Gunung Jaya Wijaya atau puncak tertinggi lainnya di Indonesia yang ditutupi oleh salju, ada yang perlu Anda garis bawahi:

Gunung Elbrus berada di Rusia yang memiliki musim dingin, sehingga kemungkinan sejak awal pendakian gunung tersebut telah diselimuti salju apabila Anda mendaki saat musim dingin.

Apabila Anda mendaki pada saat musim panas, kemarau ataupun musim semi Anda tetap akan menemui salju lebih cepat dibandingkan saat Anda mendaki Gunung Jaya Wijaya.

Selain itu musim dingin di Rusia jika dibandingkan dengan negara-negara empat musim lainnya sering tergolong sebagai yang paling ekstrem.

Di Moskow, ibu kota Rusia, musim dingin pernah mencapai minus 67 derajat celcius. Jadi bisa dibayangkan, betapa dinginnya suhu udara di Gunung Elbrus bila di Kota Moskow saja bisa mencapai minus 67 derajat celcius.

Maka bila selama Anda mendaki gunung-gunung di Indonesia hanya bermodalkan nekat saja, maka hal tersebut tidak berlaku bila hendak mendaki Gunung Elbrus.

Berapa Biaya Pendakian Gunung Elbrus?

Di bawah ini adalah rincian biaya pendakian Gunung Elbrus:

  1. Tiket pesawat Jakarta-Moskow sekali jalan (Rp.5000.0000)

Harga tiket pesawat tersebut adalah harga tiket paling murah yaitu 5 juta rupiah dan merupakan harga sekali jalan. Jadi biaya tiket berangkat dan pulang sekitar Rp. 10 juta

  1. Tiket kereta/pesawat dari Moskow ke Gunung Elbrus (Rp.2.400.000)

Ada beberapa perjalanan yang mesti Anda tempuh dari Moskow ke Gunung Elbrus:

  • Pertama naiklah kereta dari Moskva Kurskaja ke Kislovodsk. Harga tiket keretanya sekitar Rp.490.000-1.300.000.

Kita ambil saja harga yang paling mahal untuk berjaga-jaga agar tidak kekurangan dana yaitu RP.1.300.000

Perjalanan ini memakan waktu sekitar 35 jam. Jika Anda ingin cepat sampai maka Anda bisa naik pesawat tetapi biayanya akan lebih banyak.

Perlu Anda ingat, keberangkatan kereta menuju Kislovodsk dalam seminggu ada enam kali.

  • Setelah Anda sampai di Kislovodsk naiklah taksi ke kaki Gunung Elbus (Rp.850.000-1.100.000)

Jarak dari Kislovodsk ke Gunung Elbrus adalah 214,7 KM dan Anda akan memakan waktu sekitar 4-5 jam perjalanan.

Total biaya transport (belum termasuk makan dan penginapan) untuk mencapai Gunung Elbrus adalah:

Tiket pesawat paling murah (Rp.5000.000) + biaya transport (Rp.2.400.000) = Rp.7.800.000.

Maka biaya berangkat dan pulang yang perlu Anda persiapkan sekitar Rp.15.600.000-16.000.000

Perlu Anda ingat, biaya pendakian Gunung Elbrus di atas hanya biaya transportnya saja belum termasuk segala kebutuhan lainnya.

Usahakan untuk membawa uang lebih dari biaya di atas sekitar Rp.18-20 juta rupiah mengingat harga makanan dan perlengkapan pribadi di Rusia sangat tinggi jika dibandingkan dengan Indonesia.

Please rate this