Pendaki Asal Amerika Meninggal Saat Mendaki Gunung Semeru

oleh

Seorang Warga Negara Amerika Serikat meninggal saat mendaki Gunung Semeru. Korban diketahui bernama Prasetio Tjondro (62). Prasetio tercatat sebagai warga 62 Floral Ter Tenafly NJ 07670 – 2404 United States Of America (USA). Prasetio melakukan pendakian Gunung Semeru bersama 21 temannya yang terbagi dalam tiga regu pada Jumat (17/5). Korban satu regu bersama enam temannya yakni Sofian, Emmanuel, Endang Setyo, SX Susanto, Hing Hartanto dan Ratna Eka.

Baca Juga: Ranu Kumbolu, Danau Eksotis di Gunung Semeru

Ketika sampai di kawasan Ranu Kumbolo pada Sabtu (18/5), korban mengalami sakit perut. Rekannya sempat membawa korban ke shelter di Ranu Kumbolo agar mendapat pertolongan pertama.

Loading...

Baca Juga: Jalur Pendakian Gunung Semeru

“Korban melakukan pendakian ke Gunung Semeru bersama 21 orang temannya, namun terbagi dalam tiga regu. Korban mengalami sakit perut ketika sampai di Ranu Kumbolo,” ujar Kepala Pos Ranupane, Susiono, Minggu (19/5/2019).

Kondisi korban semakin memburuk dan akhirnya meninggal dunia pada dini hari tadi. Rekan korban melaporkan kejadian tersebut kepada petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Korban kemudian dievakuasi Tim evakuasi TNBTS dan dibawa ke rumah sakit umum Dokter Haryoto Lumajang.

Baca Juga: Oro – Oro Ombo Salah Satu Trek Pendakian Gunung Semeru Yang Memiliki Bunga Verbana Yang Keren di Musim Tertentu

“Kondisi korban yang semakin memburuk akhirnya korban meninggal dunia di kawasan Ranu Kumbolo. Kami yang mendapatkan laporan kemudian mengirimkan tim evakuasi untuk menjemput korban meninggal,” imbuh Susiono.

Usai menjalani otopsi di Rumah Sakit Dokter Haryoto Lumajang, korban dibawa ke rumah duka, salah satu anggota keluarga di Yogyakarta untuk dimakamkan.”Setelah dibawa ke Rumah Sakit Haryoto, korban dibawa ke rumah salah satu keluarga di Yogyakarta untuk dimakamkan,” pungkas Susiono.

Please rate this