Manfaat dan Fungsi Jaket Gunung Bagi Kamu Yang Suka Mendaki

oleh -1.232 views

Aktifitas luar ruang khususnya pendakian sekarang memang di gandrungi banyak kalangan terbukti sebagian besar gunung di Indonesia jika waktu liburan di penuhi dengan yang namanya pendaki, apa hal ini memang baik adanya untuk kelangsungan habitat yang ada di kawasan Gunung? para pemangku keweangan dalam hal ini Taman Nasional gunung yang ada di Indonesia bisa menerapkan kebijkan yang bisa saling menguntungkan bagi para penggiat alam khususnya pendaki dan pihak pengelola mendapatkan pemasukan dari kunjungan para pendaki dan tidak lupa dengan mengedepankan kelangsungan habitat yang ada serta kelestarian lingkungan Taman Nasional suatu Gunung.

Dalam mendaki gunung kamu harus siap mental dan fisik serta dana karena mendaki itu bukan sekedar mendaki kamu harus tahu hal dasar menjadi seorang pendaki semisal tidak membuang sampah sembarang, tidak berbuat vadalisme, bagaimana bertahan hidup di luar sana, fungsi dan kegunaan alat2 gunung dll. Dari hal dasar tersebut Gunung.id akan memberikan peralatan yang wajib kamu punya saat mendaki gunung yaitu Jaket Gunung dimana jaket gunung ini memilki manfaat dan fungsi yang vital dalam melintasi gunung yang kamu daki, apa manfaat jaket gunung dalam pendakian:

Loading...
  1. Sebagai penghangat kulit dari dinginya udara di Gunung
  2. Sebagai pelindung kulit kita karena jaket gunung bisa menahan pantulan langsung sinar matahari yang langsung mengarah ke tubuh kita
  3. Sebagai penahan air waktu hujan di Gunung karena kebanyakan jaket gunung sudah dibekali dengan sistem waterproof
  4. Yang tidak kalah penting yaitu sebagai penambah semangat mendaki karena jaket gunung bisa menambah ketampanan dan kecantikan para pendaki.
  5. dll

Setelah kamu tahu manfaat jaket gunung dalam dunia pendakian selanjutnya adalah bagaimana tips memilih jaket yang baik buat kita agar jaket yang kita beli kurang lebih memilki manfaat yang ada diatas.

Tips memilih jaket gunung:

  • Hal pertama adalah kita harus tahu bahan jaket tersebut

Dalam hal bahan kebanyakan jaket gunung yang bagus menggunakan teknologiĀ  Gore-Tex diamana jaket bisa menahan angin, air namun bisa mengalirkan udara dalam jekat keluar sehingga tidak begitu panas saat kita pakai.

  • Selanjutnya adalah size jaket gunung

Pilihnya size yang pas buat badan kamu jangan terlalu besar dan juga jangan terlalu kecil diusahakan memilih jaket gunung dengan ukuran yang agak lebih besar dari jaket biasa yang kamu beli karena jaket gunung biasanya juga memakai baju didalamnya agar lebih hangat karena memakai pakain berlapis.

  • Jaket gunung harus punya fitur tahan angin, air dan suhu yang baik saat kita pakai

Untuk tips ketiga ini adalah menyatu dengan pemilihan bahan , sebagai tambahan pilihlah jaket yang memilki Hoody yang bisa di lepas dan pakai agar kepala kita juga merasa hangat jika hoody terdapat di jaket gunung yang kita pilih, Hoody juga berfungsi untuk melindungi telinga dari dinginya udara gunung. Pilihlah jaket gunung yang mempunyai beberapa kantong ini berfungsi nantinya saat malam dan pagi hari biasanya para pendaki suka memasukan tangan ke kantong sehingga tidak terjadi kedinginan di posisi tangan kita karena fitur jaket yang ada kantongnya.

  • Pemilihan warna jaket gunung

Pemilihan warna ini berungsi penting karena saat kita mendaki bersama misalnya kamu ketinggalan atau tersesat maka dengan warna yang cerah kamu bisa terlihat jelas dan juga bisa menjadi identitas kamu.

  • Jahitan jaket gunung yang baik

Setelah memperhatikan point-point diatas selanjutnya adalah mengati jahitan jaket gunung yang kita akan beli, cermati, amati, teliti dan rasakan.

  • Dan terakhir adalah perawatan yang baik terhadapa jaket yang sudah kita beli

Demikian ulasan perihal manfaat dan fungsi jaket gunung untuk pendakian semoga informasi ini memberikan manfaat buat para pendaki yang mau mencari jaket gunung karena ulasan diatas perihal tips memilih jaket gunung yang baik dan pas kantong.