Hutan di Kaki Gunung Bawakaraeng Sulawesi Selatan Terbakar

oleh
Dok. Manggala Agni

Kebakaran hutan dan lahan (Kahutla) terjadi di kawasan hutan kaki Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Kebakaran yang berlangsung tadi malam belum diketahui penyebabnya.

Baca Juga: Jalur Pendakian Gunung Bawakaraeng Via Lebanna

Tim pemadam Kahutla Manggala Agni Daops Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Gowa mendapat laporan terjadinya kebakaran di kawasan kaki Gunung Bawakaraeng, sekitar pukul 17.00 Wita, Kamis (29/8). Petugas langsung berangkat ke lokasi kebakaran.

Loading...

Baca Juga: Estimasi Biaya Mendaki Gunung Latimojong

Kepala Manggala Agni Daops KLHK Gowa Ishak Andi Kunna yang memberikan informasi kepada media saat dihubungi menyebutkan, tim Manggala Agni yang berjumlah 15 personel tiba di lokasi kebakaran sekitar pukul 22.15 Wita dan langsung berjibaku memadamkan api menggunakan peralatan jet shooter.

“Proses pemadaman ikut dibantu personel TNI berjumlah 16 personel, kelompok pencinta alam dan aparat setempat, melakukan pemadaman hingga akhirnya lokasi yang terbakar di kawasan hutan dengan perkiraan lahan terbakar 8 hektar berhasil dipadamkam sekitar pukul 00.40 Wita,” ujar Ishak, Jumat (30/8/2019).

Ishak menambahkan, meskipun kebakaran di Lembanna telah padam, tim Manggala Agni Daops Gowa masih berada di sekitar lokasi kebakaran untuk melakukan pemantauan dan pencegahan terjadinya kebakaran susulan. Hingga saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan petugas terkait.

Please rate this