Bukit Cumbri, Spot Foto Primadonanya Wonogiri

oleh
foto:@rifandy.p

Gunung.id, Sampung – Yang belum tahu daerah Sampung siapa hayo? Sampung sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Ponorogo (Kota Reog) terkenalnya adalah gunung gamping dan berbicara gunung di daerah ini sangat hits adalah Bukit Cumbri atau Gunung Cumbri yang memilki sunrise luar biasa.

Baca Juga: 4 Jalur Pendakian Gunung Lawu

Foto:@dwiriyantoo

Pendakian Gunung Cubri cukup mudah karena tracknya sangat jelas dan tidak memakan waktu lama dari parkiran hanya butuh kurang lebih 60 menit pendakian ke puncak Cumbri. Bukit Cumbri berada kawasan purwantoro yang mana daerah ini masuk administrasi Wonogiri serta sebagian bukit cumbri masuk dalam area sampung yang notabenya administrasi Ponorogo.

Bagi kamu yang ingin mendaki bukit cumbri dari Jakarta atau Surabaya bisa arahkan kendaraan kamu menuju Ponorogo bila dari Surabaya jika dari Jakarta bisa menuju wonogiri kemudian ambil ke Slogohimo -Purwantoro-lokasi perbatasan Kota Reog dan Wonogiri. Seng songko Magetan yoo iso lewate Magetan -Tamanarum -Parang -Mategal -Sampung -Lokasi.

Untuk tiket masuk atau simaksi gunung cubri eh salah bukit cumbri deng hanya 5k saja cukup murah meriah dan kamu bisa menikmati keelokan puncak cumbri yang membahenol, oia jika kamu lupa bawa bekel alias minum jangan kwatir di puncak ada yang jualan loh ia .

Lokasi tepatnya bukit cumbri sebenarnya adalah di desa Binting, Purwantoro, Wonogiri namun untuk mendaki gunung cumbri karena berada di perbatasan bisa melalui 4 jalur pendakian diantaranya adalah 2 jalur dari desa Binting , 1 jalur via kepyar Wonogiri dan jalur terakhir masuk Ponorogo dari Desa Temon. Ketinggian gunung cumbri 638 Mdpl kalo diatas 600 bisa dikatakan gunung ia 😀 kok dari tadi nyebutnya bukit terus 😀 .

Legenda atau misteri serta pengambilan nama gunung cumbri  yang diambil dari kata Cok & Bri, yang mana Cok kepanjanga dari Pencokan dan bri sendiri adalah sebuah burung yang mana oleh masyarakat sekitar disamakan dengan burung garuda. Mitos yang beredar di kalangan warga beting sendiri dari permberian nama serta kejadian masa lalu yang mana ada sebuah cerita tentang si raja tikus yang merusak sawah sehingga para petani di daerah ini gagal panen hingga datanglah sebuah burung bri yang ingin menolong musibah yang menaun akibat gagal  panen disebabkan oleh raja tikus, pasa suatu saat si burung bri melihat raja tikus lagi di sawah merusak tanaman petani dan si burung bri langsung saja menerkam si raja tikus tersebut namun alangkah terkejut si raja tikus lari dengan gesitnya hingga menghapiri petani yang sedan garu dan tidak disangka burung bri itu menerkam petani dan kerbau yang dibuat garu.

Karena kesalahan yang dilakukan oleh burung bri akhirnya burung bri merenung di sebuah pring petung di kawasan gunung cumbri , deretan pring petung merupan tempat tinggal burung bri dan pada suatu hari melihat burung bri yang sedih serta merenung si tikus mengambil kesempatan menggigit sayapnnya sehingga si burung bri tidak dapat terbang, burung bri saat itu masih dalam melindungi si pasangan karena mengerami telornya. Maka dari cerita ini masyrakat sekitar percaya akan cinta sejatinya burung bri terhadap pasanganya sehingga dari cinta yang ditanamkan dapat membawa berkah.

Baca Juga: Misteri Gunung Semeru, Paku Buminya Pulau Jawa

Singkat cerita bagi kamu yang belum dapat pasangan segera mendaki gunung cumbri karena masyarakat sekitar menyakini barang siapa yang Jomblo mandaki gunung cumbri akan di entengkan jodohnya sebaliknya bagi yang sudah punya pasangan, hubunganya akan langgeng.

Please rate this