Biaya Mendaki Gunung Kilimanjaro

oleh

Inilah Total Biaya Pendakian Gunung Kilimanjaro yang Harus Anda Persiapkan

Apakah Anda memiliki keinginan untuk mendaki Gunung Kilimanjaro? Berapa kira-kira biaya pendakian Gunung Kilimanjaro?

Sebelum Anda mengetahui biaya yang dibutuhkan untuk mendaki Gunung Kilimanjaro, luangkan waktu sejenak untuk membaca pembahasan seputar pendakian Gunung Kilimanjaro berikut ini.

Baca Juga: Gunung Dengan Pemandangan Indah di Indonesia

Mengenal Gunung Kilimanjaro Lebih Dekat

Gunung Kilimanjaro merupakan gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 5.895 mdpl. Sementara jika diukur dari kaki gunung maka tingginya 4.600 meter.

Gunung Kilimanjaro merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif yang terletak di Tanzania, Afrika bagian timur.

Seperti halnya Gunung Jaya Wijaya di Papua, puncak Gunung Kilimanjaro juga diselimuti oleh salju meskipun berada di negara beriklim tropis.

Letaknya yang berada di negara beriklim tropis dan salju yang baru akan ditemukan pada ketinggian tertentu tersebut menjadikan pendakian Gunung Kilimanjaro cukup mudah dibandingkan dengan pendakian Gunung Elbrus yang ada di Rusia meskipun Gunung Kilimanjaro lebih tinggi dibandingkan dengan Gunung Elbrus.

Namun, meski lebih mudah karena suhu udaranya yang tidak sedingin suhu udara di Gunung Elbrus, Anda tetap tidak boleh menyepelekan pendakian gunung tertinggi di dunia ini.

Persiapan Pendakian Gunung Kilimanjaro

Bila Anda selama ini sering melakukan pendakian gunung di Indonesia dan belum pernah menaklukkan puncak tertinggi di Indonesia, maka sebaiknya Anda taklukan dulu puncak tertinggi di Indonesia.

Bila Anda sudah pernah menaklukan puncak tertinggi di Indonesia, maka persiapan yang Anda butuhkan untuk mendaki Gunung Kilimanjaro tidak beda jauh dengan pendakian gunung-gunung di Indonesia.

Namun karena Gunung Kilimanjaro merupakan gunung tertinggi di dunia sementara gunung tertinggi di Indonesia ketinggiannya tidak mencapai 5000 mdpl, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan di antaranya adalah:

  • Bawa jaket/sweater, penutup kepala, sarung tangan dan kaoskaki yang tebal. Karena meskipun berada di negara beriklim tropis, karena ketinggian Gunung Kilimanjaro lebih dari 5000 mdpl maka kemungkinan besar suhu udara di sana akan sangat dingin dan lebih dingin dibandingkan dengan gunung tertinggi di Indonesia.
  • Jangan lupa untuk membawa koyo/minyak kayu putih/minyak aroma terapi yang cukup untuk berjaga-jaga bila Anda mengalami kedinginan yang berlebihan.

Meskipun Anda pernah sukses mendaki gunung tertinggi di Indonesia tanpa mengalami hipotermia, bisa jadi saat mendaki Gunung Kilimanjaro Anda mengalami hipotermia karena Gunung Kilimanjaro lebih tinggi dibandingkan dengan Jaya Wijaya.

Oleh karena itu Anda perlu berhati-hati sekali dan jangan memaksakan diri. Lakukanlah istirahat sesering mungkin bila Anda mulai lelah dan kedinginan.

Segera konsumsi minuman/makanan hangat dan usap anggota tubuh Anda dengan minyak kayu putih apabila anggota tubuh Anda ada yang kebas dan mati rasa.

Biaya Pendakian Gunung Kilimanjaro

Terkenalnya Gunung Kilimanjaro menjadikan akses menuju ke sana lebih mudah dibandingkan beberapa gunung-gunung lainnya.

  • Untuk bisa sampai Gunung Kilimanjaro Anda bisa naik pesawat dari Jakarta ke Kilimanjaro. Biaya pendakian Gunung Kilimanjaro sekali jalan sekitar Rp.19.500.000

Biaya tersebut merupakan harga tiket pesawat termurah dari Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta) ke Kilimanjaro (Kilimanjaro International Airport).

  • Setelah sampai Bandara Internasional Kilimanjaro Anda perlu naik taksi menuju Kota Moshi. Biaya taksi tidak dapat dipastikan tetapi persiapkan minimal Rp.650.000
  • Dari Kota Moshi untuk menuju ke Gunung Kilimanjaro Anda perlu menyewa mobil. Harga sewa mobil tersebut tidak dapat dipastikan karena tergantung perusahaan yang menyediakan jasa sewa mobil.

Baca Juga: Taman Nasional di Indonesia

Untuk mengetahui tempat persewaan mobil atau transportasi lain untuk menuju Gunung Kilimanjaro, Anda bisa tanyakan pada warga setempat.

Jika Anda menginap di hotel, beberapa hotel menyediakan jasa persewaan mobil tetapi jika Anda menggunakan mobil dari hotel maka harganya bisa jadi lebih mahal.

Dari seluruh biaya di atas, maka total biaya pendakian Gunung Kilimanjaro adalah Rp. 19.500.000 + Rp.650.000 = Rp.21.150.000

Biaya tersebut hanya biaya transportasi utama sekali jalan. Biaya bolak-balik Indonesia-Kilimanjaro adalah Rp.42.300.000.

Jika Anda berniat untuk mendaki Gunung Kilimanjaro maka persiapkan dana lebih dari itu, paling tidak sekitar Rp.45.000.000

Please rate this