Pencarian Pendaki Hilang di Gunung Lawu di Fokuskan di Pasar Setan dan Sabana

oleh
Foto:Basarnas Solo

Pencarian Alvi Kurniawan, pendaki yang hilang di Gunung Lawu, masih nihil. Tim dari BPBD Magetan bersama relawan terus melakukan penyisiran. Namun, ketika tim turun pukul 15.00 kemarin belum membuahkan hasil. ’’Belum berhasil, kami sudah berusaha,’’ kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan Fery Yoga Saputra.

Baca Juga: Misteri Telaga Sarangan, Danau Ekstotis di Kaki Gunung Lawu

Fery menegaskan, proses pencarian tetap berlanjut. Sesuai laporan yang dihimpun Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BPBD Karangannyar, Jawa Tengah, dari tim gabungan yang diturunkan juga belum berhasil menemukan Alvi. Pemuda 20 tahun itu dilaporkan hilang pada 1 Januari lalu. Sebelumnya, posisi terakhirnya berada di kawasan Pasar Dieng atau Pasar Setan. ’’Saat itu memang ada tantangan dari temannya sesama pendaki dari Wonosobo untuk berlomba sampai puncak Lawu,’’ jelasnya.

Loading...

Tim yang melakukan pencarian juga menemui hambatan. Kabut tebal dan hujan badai sempat mengganggu pencarian di lapangan. ’’Tidak bisa dipaksakan karena akan berisiko,’’ ujarnya.

Baca Juga: Grojogan Sewu Tawangmangu, Destinasi Wisata Primadona di Karanganyar

Skenario operasi SAR gabungan di hari kedua yang dimulai pukul 07.00 dari posko Cemoro Sewu memberangkatkan Search and Rescue Unit (SRU) pendukung untuk melanjutkan penyisiran hingga pos 5. Selanjutnya bergabung ke SRU 1 TRD PB bersama potensi rel gabungan Jawa Timur, Jawa Tengah. Dilanjutkan ke titik yang dicurigai terpisahnya korban dengan rombongan. ’’Fokus pencarian saat ini ke arah Pasar Setan dan padang sabana,’’ sebutnya.

Fery menegaskan timnya akan terus berupaya semaksimal mungkin membantu tim SAR dari Jawa Tengah. Relawan turut membantu agar pendaki asal Magelang itu segera ditemukan. Pihaknya juga mengimbau pada anggota yang bertugas untuk tetap waspada. ’’Cuaca masih ekstrem,’’ ungkapnya.