Kebakaran Lahan dan Hutan di Riau Makin Meluas, Mencapai 841,71 hektare

oleh
Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah pesisir Provinsi Riau, mulai dari Januari seluas 841,71 hektare via @kabarriauterkini

Kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau meluas. Akibatnya asap pekat menyelimuti sejumlah wilayah di Riau imbas dari kebakaran hutan tersebut. “Luas lahan terbakar dari  Bulan Januari lebih kurang 841,71 hektare,” kata Kepala Pelaksana BPBD Riau Edwar Sanger di Pekanbaru.

Baca Juga: Gunung Tandikat, Salah Satu Puncak Tri Arga Bumi Minang

Sejumlah wilayah yang mengalami kebakaran hutan di antaranya, Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rohil, Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai dan Teluk Lecah, Pergam Kecamatan Rupat, Kabuputen Bengkalis. “Daerah yang terbakar itu diselimuti asap pekat. Kebakaran besar terjadi sejak kemarin,” ungkap Koordinator Manggala Agni Provinsi Riau, Edwin Putra, Sabtu (18/2/2019).

Loading...

Selain itu, kebakaran juga terjadi di Kabupaten Meranti. Kebakaran terjadi di Kecamatan Tebing Tinggi dan Kecamatan Rangsang kebakaran tidak separah di tiga wilayah tersebut.

Baca Juga: Gunung Marapi, Legenda Asal Usul Masyarakat Minangkabau

Dia mengatakan, upaya pemadaman darat gabungan telah dilakukan oleh Manggala Agni, TNI, Polri dan masyarakat. Kebakaran terjadi sejak 2 pekan terakhir, namun terparah sejak dua hari ini. “Area yang terbakar merupakan lahan yang kering. Angin kencang dan cuaca panas menyebabkan kebakaran terus meluas,” ujarnya.

Pemkab Bengkalis dan Pemkot Dumai saat ini sudah menetapkan status siaga darurat penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Please rate this