8 Perlengkapan Camping Sederhana Yang Wajib Kamu Miliki Sebagai Pecinta Alam

oleh
Foto: @ervinamrth

Sebagai seorang pencinta alam pemula, Anda harus tahu apa saja perlengkapan camping sederhana yang harus Anda miliki. Lalu apa saja alat camping yang harus Anda miliki ini? Berikut ini adalah ulasannya.

  • Tenda

Alat pertama yang wajib Anda miliki sebagai pencinta alam adalah tenda. Tenda ini ada banyak jenisnya. Ada yang memiliki ukuran yang besar ada yang memiliki ukuran kecil. Anda juga bisa memiliki tenda yang memiliki kelebihan seperti anti air untuk mencegah masuknya air saat Anda tidur.

  • Sleeping bag

Alat dasar kedua yang harus Anda miliki saat Anda gemar melakukan camping adalah sleeping bag. Sleeping bag atau kantong tidur merupakan salah satu alat wajib untuk dimiliki karena ia akan memberikan kehangatan pada saat Anda tidur.

Kita tahu gunung di Indonesia memiliki puncak yang biasanya dingin. Oleh karena itu, akan lebih nyaman bagi Anda untuk tidur di sleeping bag untuk menghalau udara dingin dan juga serangga yang mengganggu saat tidur.

  • Botol minum

Satu lagi perlengkapan camping sederhana yang tidak boleh dilupakan adalah botol minum. Botol minum yang Anda miliki tidak harus besar, yang penting memiliki kualitas sehingga Anda air minum yang Anda dapatkan akan terasa segar. Jika bisa cari juga botol minum yang mampu membantu mempurifikasi air yang Anda dapatkan agar aman saat di minum.

  • Alat untuk menyalakan api

Di gunung salah satu alat yang tidak boleh ketinggalan adalah alat untuk menyalakan api. Anda bisa menggunakan korek api, menggunakan magnesium fire starter atau pilihan alat untuk menyalakan api yang lainnya.

  • Alat pertolongan pertama

Satu lagi alat perlengkapan camping yang tidak boleh ketinggalan adalah alat pertolongan pertama. Tidak ada orang yang ingin cedera saat naik gunung. Tapi Anda mengalami cedera, alat kesehatan pertolongan pertama akan sangat penting. Pasalnya di gunung Anda tidak bisa meminta semudah saat Anda di perkotaan. Oleh karena itu, Anda harus siap sedia dengan kebutuhan alat pertolongan pertama.

  • Pisau kantong

Pisau kantong merupakan perlengkapan selanjutnya yang wajib Anda miliki. Tujuan dari penggunaan pisau kantong ini adalah untuk memotong tali, memotong makanan membuka bungkus makanan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Kompas dan peta

Gunung di Indonesia masih banyak yang tidak terjamah teknologi sehingga mengandalkan peta dan kompas di ponsel Anda mungkin akan membahayakan. Belum lagi jika ponsel Anda mati, oleh karena itu, membawa dan memiliki kompas serta peta akan sangat penting.

  • Pakaian yang tepat sesuai dengan musim

Ketika akan naik gunung dan melakukan camping, pastikan Anda menggunakan pakaian yang sesuai dengan musimnya. Hal ini disebabkan karena pakaian dan perlengkapan camping sederhana yang tepat akan memudahkan perjalanan Anda.

Please rate this