Gunung Bromo Sedang Erupsi, Menjadi Moment Tersendiri Bagi Wisatawan

oleh
Gunung Bromo Erupsi Pict @wowkeren

Gunung.id, Probolinggo – Wisata paling hits di Jawa Timur yaitu Gunung Bromo kini tengah erupsi dan mengeluarkan asap coklat yang tebal serta menjulang tinggi disertai abu vulkanik. Meski begitu para wisatawan yang datng berlibur ke Bromo masih banyak yang antusias atas kejadian ini.

Terjadinya erupsi gunung Bromo langsung direspon oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara dengan cara mengabadikan moment yang jarang terjadi tersebut, dari kejadian ini tidak nampak wisatawan rasa takut karena memang erupsi masih dalam tahap aman.

Seperti yang dilakukan, Eliza (34) wisatawan mancanegara asal Singapore. Baginya sangat mengesankan, bisa berlibur ke Gunung Bromo dimana saat ini tengah erupsi mengeluarkan asap dan abu.
“Ini sangat luar biasa, saya bisa melihat Bromo saat erupsi. Tentunya ini pengalaman sangat mengagumkan, ketika datang ke Bromo.

Loading...

Senada dikatakan Melisa (26), wisatawan asing lainnya. Ia mengaku senang bisa berlibur di Bromo, karena selain pemandangan alamnya yang indah. Adanya ojek kuda dan Pura di Kaldera Bromo, menambah eksotisnya tempat wisata di Probolinggo itu.

Sebagai informasi, dari data PVMB periode pengamatan Sabtu (16/3) pukul 24.00 WIB, Gunung Bromo dengan ketinggian 2.329 Mdpl, secara visual cuaca cerah, mendung dan hujan. Angin bertiup lemah ke arah utara, timur laut, timur, barat dan barat laut. Gunung api terlihat jelas.

Teramati asap kawah bertekanan lemah, sedang hingga kuat teramati berwarna putih, kelabu, dan coklat dengan intensitas tipis, sedang, hingga tebal dan tinggi 50-1500 m di atas puncak kawah. Hujan abu di sekitar PPGA bromo, dan secara kegempaan Tremor Menerus (Microtremor) terekam dengan amplitudo 0.5-8 mm (dominan 2 mm).

Please rate this