Sejarah Letusan Gunung Kelud

oleh

Gunung Kelud terletak di tiga Kabupaten berbeda, di antaranya Kab. Blitar, Kab. Malang, dan Kab. Kediri. Gunung yang satu ini termasuk dalam jajaran Gunung berapi yang cukup aktif di Indonesia.Dalam data kami, Gunung kelud sudah meletus sebanyak 30x sejak tahun 1000.

Letusan terakhir Gunung Kelud terjadi pada tahun 2014 silam.Letusan tersebut memakan banyak korban jiwa dan juga menghancurkan Kubah Lava yang terbentuk akibat letusan pada tahun 2007 lalu.Berikut catatan letusan Gunung Kelud dari abad 19 samapi abad 20 ini.

-1901

Pada tahun ini Gunung Kelud meletus berkali-kali pada tanggal 23 mei 1901. Tetapi sayangnya tak ada catatan lengkap yang mencatat korban jiwa pada saat itu.

-1919

Letusan Gunung Kelud pada tahun ini termasuk dalam letusan paling mematikan.Pasalnya, letusan tersebut memakan banyak korban jiwa.Tercatat, ada sekitar 5.160 korban jiwa dalam letusan ini.Saksi mata letusan Gunung Kelud tahun 1919 adalah Carl Wilhelm Wormser.Pria asal Belanda tersebut menuliskan fakta yang terjadi pada saat itu.

-1951

Tepat 31 Agustus 1951 Gunung Kelud kembali meletus dan mengakibatkan beberapa kota di Pulau Jawa terkena Abu Vulkanik.Bahkan Abu Vulkanik dari Erupsi Gunung Kelud mencapai kota Bandung. Hal tersebut membuat banyak kota di Pulau Jawa gelap pada siang hari. Dalam catatan, 157 orang terluka dan 7 orang meninggal dunia akibat erupsi ini

-1966

Tercatat, korban jiwa dari erupsi Kelud tahun 1966 adalah 210 jiwa.Tepatnya terjadi pada tgl 26 April 1966 jam 20:15 WIB.Tak hanya korban jiwa, banyak bangunan yang rusak berat akibat Letusan ini.

-1990

Erupsi Gunung Kelud pada tahun ini terjadi sangat lama yaitu 45 hari.Dalam data, taka da korban jiwa dari letusan Kelud kali ini.Pasalnya, sebelumnya warga sudah di pindahkan ke tempat yang lebih aman.Meski begitu, Kelud memuntahkan sangat banyak material vulkanik yaitu sekitar 57 juta m kubik material vulkanik.

-2007

Kali ini Gunung Kelud tidak meletus secara eksplosif. Pada tahun ini, tim vulkanologi sudah memiliki banyak alat untuk mendeteksi erupsi. Tercatat, pada bulan September 2007 suhu air danau kawah Kelud meningkat hingga November 2007.

Letusan Kelud pada tahun ini di anggap paling aneh.Pasalnya akibat letusan ini, danau Gunung Kelud hilang dan berubah menjadi kubah lava.

-2014

Pada tahun 2014 saya juga merasakan kemarahan Gunung Kelud.Bahkan pada ahli mengakui jika letusan Kelud pada tahun 2014 sangatlah besar.Waktu itu, saya masih bersekolah. Karena letusan tersebut kota saya terjadi hujan abu. Tak hanya itu, keadaan Pulau Jawa pada saat itu lumpuh total.Tercatat, 7 bandara di Pulau Jawa di tutup sementara akibat letusan Kelud kala itu.

Namun meski demikian, Erupsi Kelud kali ini tidak memakan korban jiwa.Setelah meletus pada tanggal 14 Februari 2014, keadaa Gunung Kelud cinderung tenang hingga tahun 2017 ini.

Berikut sejarah letusan Gunung Kelud dari saya, semoga bermanfaat.

Please rate this