Puncak Darma Geopark Ciletuh, Spot Foto Hits di Sukabumi

oleh

Gunung.id, Sukabumi – Sukabumi salah satu Kabupaten yang memiliki destinasi wisata yang mengangumkan karena lokasinya di sisi selatan dan berbatasan dengan Bogor menyajikan wisata-wisata keren semisal Puncak Darma yang ada di kawasan wisata hist Sukabumi ”Geopark Ciletuh”.

Baca Juga: Jembatan Gantung Situ Gunung Curug Sawer Sukabumi

Puncak Darma adalah sebuah bukit yang menyajikan panorama alam dengan view pantai kawasan Geopark Ciletuh, kamu bisa menikmati indahnya sukabumi dari sisi lain dengan duduk santai di puncak darma. Untuk akses menuju puncak darma cukup mudah bila dari Jakarta kamu arahkan kendaraan kamu ke Bogor kemudian ke Sukabumi lalu nanti ketemu pertigaan masjid besar ambil kanan saja jangan lurus nanti ke Kota Sukabumi agak macet mending lewat sini kemudian lurus saja nanti ketemu perempatan belok kiri ikutin saja jalan menuju pantai yang terkenal ujung genteng atau curug cikaso nanti ketemu pertigaan daerah Ciemas kamu lurus saja jangan beok kanan kalo kanan ke Pantai ujung genteng kalo lurus ke kawasan wisata Geopark.

Geopark ciletuh adalah sebuah wisata yang cukup buayak wisatanya di satu kawasan ini salah satunya adalah spot puncak darma ini, ada banyak deretan air terjun di Geopark ada sekitar 9 air terjun di desa ini kamu bisa explore  dari bukit peninjauan turun nanti sisi kiri ada air terjun sebelum masuk desa kemudian bisa masuk pantai geopark dan mulai explore lagi di titik air terjun di belakang rumah penduduk.

Sejarah singkat Geopark adalah sebuah lempeng tua (Eurasia) yang terangkat ke atas sekitar 60jt silam yang mana ini akibat lempeng australia bergerak sehingga lempeng eurasia terangkat sehingga terbentuk Geopark Ciletuh ini, hanya ada 3 lempeng di dataran jawa dimana kamu bisa temukan di geopark , Kebumen dan Pegunungan Jiwo di Jogja. Sebenarnya pergeseran lempeng antara eurasia dan lempeng australia ini proses pembentukan pulau jawa namun lempeng tua hanya terlihat secara jelas ada di daerah yang disebutkan tadi.

Melalu proses panjang maka geopark ciltetuh adalah lautan yang terangkat ke daratan makanya jika kita lihat dari bukit peninjauan ciletuh seperti lembah, tidak heran dengan proses yang begitu panjang maka ciletuh seperti negeri Roma yang menawarkan beragam air terjun sepanjang tepinya semisal ada air terjun cimarinjung, sodong,Awan, Puncak manik dll.

Baca Juga: Gunung Haur, Gunung Hits Yang Dibandingkan Dengan Puncak Darma

Demikian info singkat perihal puncak dharma serta sejarah sedikit terbentuknya geopark ciletuh yang ada di Sukabumi, kawasan geopark terus dikembangkan oleh dinas pariwisata Jabar. Mungkin tahun-tahun ke depan kawasan ini akan menjadi obyek adalan Jawa Barat.