Pendaki Asal Surabaya Terjatuh di Puncak Gunung Lawu

oleh

Pendaki yang bernama Yohan Marvelous (31) mengalami kecelakaan di puncak gunung lawu lebih tempat di kawasan puncak Hargo Dalem. Yohan mengalami jatuh dengan keadaan yang parah kakinya bengkak dan kemungkinan besar ada yang terluka didalam sehingga pendaki ini tidak bisa berjalan.

Baca Juga: Jalur Pendakian Gunung Lawu Via Singolangu Magetan

Salah seorang pendaki asal Tretes dan juga sebagai ranger gunung arjuno melaporkan kejadian ini, bahwa Yohan pendaki asal Gubeng, Surabaya tidak bisa berjalan akibat terjatuh di kawasan hargo dalem kepada bascame cemoro sewu dan cemoro kandang. Laporan ranger gunung arjuna langsung mendapatkan tindakan, pihak bascame berkoordinasi dengan menghubungi pihak-pihak terkait untuk melakukan proses evakuasi korban, pihak -pihak yang melakukan evakuasi diantaranya:

Loading...
  • AGL  (Anak Gunung Lawu)
  • PGL
  • RECO (Relawan Ceto)
  • SAR Karanganyar
  • MDMC Karanganyar
  • PMI Karanganyar
  • RENDAN (Relawan Karangpandan)
  • BPBD Magetan
  • KRI
  • Polsek Karanganyar

Fauzan, salah seorang anggota SAR Karanganyar yang ikut naik untuk memberi pertolongan menuturkan, Selasa, awalnya mereka bertiga ayah dan anak itu naik gunung Lawu melalui pendakian Cemoro sewu di Plaosan, Magetan. Perjalanan dimulai Sabtu pagi dan mereka sampai di puncak hargo dalem. Sampai di sana karena akan ada keperluan sesuatu, tiba-tiba terjatuh dan kakinya (dengkul) terbentur batu sehingga tidak bisa berjalan dan malah bengkak.

Karena tidak mungkin berjalan atau turun dipapah, ayah Yosef mengirim pesan pada SAR Karanganyar, SAR Magetan dan juga AGL. Langsung saja ketiga unsur yang biasa mengawal pendakian Lawu itu berkoordinasi.

Senin malam (9/9) kami memberangkatkan empat regu penolong ke puncak lawu. Regu pertama naik sekitar pukul 18.40 WIB, disusul regu II naik pukul 19.30 WIB, regu III naik 20.30 dan regu IV naik pukul 22.30 WIB. Masing-masing membawa perlengkapan tandu, dan juga bahan makanan dan minuman.’’

Selasa pukul 11.25 WIB, rombongan penolong turun dan berhasil mengevakuasi korban lewat Cemoro sewu, dan langsung dibawa ke rumah sakit Magetan untuk ditolong. Beruntung mereka klub pendaki, sehingga saat kritis langsung kontak tim di bawah, kata Budi B, salah seorang tim dari AGL.

Berikut Detail Evakuasi Korban:
Pergerakan SRU
– 18.40 SRU 1 berangkat (RECO : 7, PGL : 1)
– 19.25 SRU 2 berangkat (SAR KRA : 2, MDMC KRA : 2, PMI KRA : 2)
– 20.13 SRU 1 di Pos 2
– 20.30 SRU 3 berangkat (AGL : 7)
– 20.37 SRU 1 di Pos 3
– 20.59 SRU 2 di Pos 2
– 21.33 SRU 2 di Pos 3
– 22.35 SRU 4 berangkat (AGL : 3, RENDAN : 2)
– 22.40 SRU 2 di Pos 5
– 22.40 SRU 1 TKP Hargo Dalem
– 23.07 TKP melaporkan penurunan dilaksanakan pagi ini
Petugas beserta korban sampai pos induk pukul 11.25 Wib.

Foto -Foto Evakuasi Korban:

Dok. Tim Relawan

Selalu jaga keselamatan dalam melakukan pendakian gunung sobat pendaki, hal kecil bisa berdampak buruk bila kita tidak mengerti akan pentingnya safety hiking.

Please rate this