Ke lawu Naik Kereta, Berikut Informasi Lengkapnya

oleh -126 views

Ada banyak moda transportasi menuju gunung lawu baik menggunakan jalur udara, darat atau laut 😀 namun yang paling banyak digunakan adalah memakai armada darat baik itu menggunakan kereta api atau bus dan kendaraan pribadi. Bagi kamu yang kebetulan ke Lawu menggunakan kereta Api kita akan memberikan informasi sedikit bagaimana sih akses ke lawu jika naik kereta api? terus habis berapa dan turun dimana?

Baca Juga: Trasnportasi Menuju Gunung Lawu Dari Jakarta Naik Bus? Bisa Banget Broo

Loading...

Gunung lawu adalah salah satu gunung yang ada di Jawa tepatnya berada di perbatasan Jatim dan Jateng dimana untuk sisi timur  dan utara masuk Magetan dan Ngawi dan sisi Barat dan selatan masuk Karanganyar dan untuk menggapai puncak lawu ada beberapa jalur pendakian yaitu melalu jalur cemoro sewu, cemoro kandang dan Candi cetho yang sudah legal tentunya untuk jalur lain seperti via Jogorogo belum ada bascamenya hanya warga lokal .

Baca Juga: Misteri Gunung Lawu- Gunung Paling Mistis di Indonesia

Balik lagi ke topik perihal bagaimana cara akses menggunakan transportasi menuju gunung lawu dengan cara naik kereta. Ok bila kamu naik kereta umpama dari Jakarta kamu bisa menggunakan kereta Brantas atau Bengawan yang notabenya harga paling terjangkau berkisar 74k -80k sekali jalan atau mau yang mendingan bisa naik bisnis atau eksekutif tergantung kantong kamu sob, kereta ini kamu bisa turun di ST.Solo kemudian bisa kamu lanjutan menuju terminal karanganyar yaitu dengan jalur Solo – Karang Anyar – Karang Pandan – Tawangmangu dengan tarif sekitar 10k/orang kemudian kamu bisa naik ojek menuju bascame cemoro kandang atau cemoro sewu , tarif ojek relatif berkisar 20k-30k jika merasa mahal silahkan tawar saja atau mau yang pasti bisa naik ojek online sob.

Pendakian gunung lawu menggunakan kereta api sebenarnya kamu bisa memilih jalur baik pilih cemoro kandang, cemoro sewu atau candi cetho , Untuk kamu yang mau mendaki via cetho berarti kamu naik bus jurusan ke  karang pandan denga tarif -+ 10k kemudian dilanjutkan dengan naik bus 3/4 jurusan kemuning , dari kemuning dilanjutkan ojek ia sob karena tidak ada angkot yang sampai ke Cetho jalurnya extrem , biaya ojek berkisar 25k/orang.

Untuk transportasi menggunakan kereta ke lawu melalui jalur Cemoro kandang, Sewu dan cetho sudah selanjutnya kita akan bahas yang dari timur ia sob, dibuat dari Kota Surabaya kamu bisa naik kereta Sri Tanjung dengan tarif berkisar 88k kamu bisa turun di ST.Barat atau Paron. Kita akan bahas untuk dari ST.Barat dulu ia dimana statiun ini masuk Kabupaten Magetan kec.Maospati untuk bisa sampai ke bascame pendakian gunung lawu cukup membutuhkan waktu yang lama namun di daerah paron sudah banyak ojek online baik sepeda motor maupun mobil tinggal pilih saja untuk tujuan cemoro sewu gunung lawu tarifnya bisa dicek sendiri 😀 .. apa mau naik angkot? jika mau naik angkot bisa dari ST. ke terminal maospati ojek saja cepet dengan tarif 10k/orang kemudian lanjut menggunakan bus 3/4 menuju terminal magetan dengan terif 8k/orang kemudian dari terminal magetan bisa lanjut ke Telaga Sarangan dengan tarif 10k/orang dari telaga sarangan kamu ojek ke cemoro sewu dengan tarif 25k/orang .

Selanjutnya kita akan bahas untuk yang turun dari ST.Paron dimana statiun ini masuk wilayah Ngawi sob kamu cukup mudah untuk bisa menuju bascame pendakian gunung lawu tapi jalur jogorogo yang belum banyak yang tahu kamu bisa baca disini (Jalur Jogorogo Gunung Lawu)

Demikian informasi yang dapat kita informasikan perihal transpotasi ke gunung lawu naik kereta api, semoga info ini dapat membantu buat teman-teman pendaki yang akan melakukan pendakian ke lawu dalam waktu dekat.