2 Jalur Pendakian Gunung Tampomas Via Cibeureum dan Narimbang

oleh
Puncak Gunung Tampomas Sanghyang Taraje via @lizalsupriatna

Gunung.id – Sumedang terkenal dengan makanan khasnya yaitu tahu sumedang, jika kamu liburan kesini wajib dan harus mencoba makanan tersebut. Selain terkenal dengan tahu Sumedang juga memiliki wisata alam yang cukup bagus untuk dikunjungi yaitu keberadaan gunung tampomas yang aduhai.

Baca Juga: 4 Jalur Pendakian Gunung Ciremai, Suka Yang Mana?

Gunung tampomas memiliki beberapa jalur pendakian yang bisa kamu pilih akan tetapi jalur yang sering digunakan oleh para pendaki yaitu melalui jalur Cibeureum karena tidak begitu extrem alias banyak landai walau cukup panjang. Sebelum kamu menggapai puncak Tampomas tentunya kita akan memberikan informasi bagaimana akses menuju gunung Tampomas dari Jakarta, Bandung atau Bekasi , hal yang pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan perlengakapan mendaki gunung setelah itu jangan lupa izin orang rumah baru deh mencari cara bagaimana menuju gunung tampomas bila kamu ingin naik kendaraan umum yaitu bus bisa dari terminal kampung rambutan yang langsung ke terminal Ciakar dengan tarif -+ 70k jika ingin lebih cepat bisa naik bus Primajasa tujuan garut or tasik lalu turun di Cileunyi kemudian naik bus seperempat tarif 20k an dan untuk bus primajasa juga sekitar 20k -30k . Jika pernah ke gunung Ciremai via Apuy pasti tahu Sumedang karena Majalengka merupakan kabupaten yang berbatasan langsung dengan Sumedang. Alternatif kedua adalah dengan cara naik kereta api namun kamu harus ke Bandung dulu ST.Rancaekek baru lanjut ke Sumedang mau pilih yang mana semua tergantung hatimu nak 😀 , dari pilihan naik bus or kereta tidak mau? mau naik motor? bisa kok tinggal gas saja ke Sumedang dengan estimasi waktu kurang lebih 4-5 jam sudah sampai. Setelah kamu sampai di Kabupaten Sumedang langkah berikutnya adalah menuju pos pendakian gunung tampomas lebih praktis bisa ojek saja dari tempat turun sampai ke pos hemat waktu. Berikut dua jalur pendakian gunung tampomas Sumedang:

Loading...
  • Jalur Pendakian Gunung Tampomas via Cibeureum

Untuk menuju pos pendakian Cibeureum dari pusat kota membutuhkan kurang lebih waktu 40 menitan dengan jarak tempuh -+17km, setelah kamu sampai pos pendakian Cibeureum kemudian kamu harus mengurus yang namanya Simaksi agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan bisa di lacak oleh pos pendakian gunung Tampomas, simaksi gunung tampomass sebesar 5k/user sedangkan untuk estimasi waktu pendakian dari pos awal sampai puncak Tampomas kurang lebih 4-7 jam pendakian semua tergantung fisik dan bagaimana cara mengatur manajemen pendakian kamu sobat Gunung.

  • Jalur Pendakian Gunung Tampomas via Narimbang

Jalur kedua adalah Narimbang, untuk bisa sampai pos pendakian ini dari pusat kota Sumedang  rutenya bisa kamu ambil adalah Jl.Raya Conggeang – Desa Narimbang dengan waktu tempuh 30 menitan jarak yang kamu lalu sekitar 20km. Jalur Narimbang memang cukup extrem bagi yang ingin mendapatkan pengalaman yang berkesan jalur ini bisa kamu ambil yang mana bila kamu mendaki dari pos ini ada 7 pos pendakian yaitu Bascame Narimbang – Pasir Seleh – Watu Kukus – Persimpangan – Watu Gede – Puncak Bayangan – Puncak Sanghyang Taraje, dari 7 pos puncak bayangan yang menjadi trek yang cukup menguras tenaga karena didominasi bebatuan serta kemiringan 70 derajat kamu harus extra hati-hati dan waspada. Untuk bisa sampai puncak dari pos Narimbang waktu yang dihabiskan kurang lebih 5-7 jam perjalanan.

Baca Juga: 5 Jalur Pendakian Gunung Rinjani, Yang Siap Kamu Coba

Gunung Tampomas sendiri memiliki ketinggian 1684 Mdpl walau tidak begitu tinggi gunung ini cukup menjadi catatan tersendiri bagi para pemula, Gunung Tampomas juga masuk dalam gunung di Jawa Barat yang masih aktif. Bagaimana tertarik untuk merasakan kesahduan alam Taman Nasional Gunung Tampomas Sumedang?

Please rate this