Biaya Pendakian Gunung Vinson di Antartika Yang Wajib Anda Ketahui

oleh
Foto:Mahitala

Jika Anda berniat untuk mendaki gunung yang satu ini maka wajib untuk mengetahui biaya pendakian Gunung Vinson di Antartika, dimana gunung ini merupakan bagian dari 7 summit. Tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk mendakinya dari berbagai dunia, namun biaya pendakian untuk gunung ini tidaklah murah sebab biaya pendakianya nomor 2 termahal setelah gunung Everest. Namun mahalnya biaya tersebut tidak mengurangi minat orang untuk menaklukkan gunung ini, tetapi jika Anda berniat untuk menaklukkannya maka bersiap-siaplah menyiapkan dana setelah mempersiapkan fisik yang kuat. Sebab ketika mendaki gunung, kekuatan fisik sangatlah dibutuhkan  agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan apalagi gunung ini berbeda dari gunung lainnya. Tidak heran jika harus banyak persiapan yang harus Anda lakukan agar ketika mendaki nanti tidak akan menimbulkan masalah.

Baca Juga: Inilah 7 Puncak Gunung Tertinggi Di Indonesia yang Perlu Ditaklukan

Berkenalan dengan Gunung Vinson

Vinson Massif merupakan gunung yang berada di Antartika, dimana gunung ini merupakan 1 dari 7 gunung yang tertinggi di 7 benua. Salah satu keunikan gunung ini adalah karena terang selama 24 jam, sehingga baik ketika Anda tidur dan bangun nanti cuaca akan tetap terang. Selain itu gunung ini juga salah satu gunung berbahaya setelah Everest karena seluruh treknya yang berupa es licin sehingga diperlukan kewaspadaan yang tinggi. Belum lagi cuaca sekitar yang dingin, sehingga dibutuhkan tubuh yang super fit. Gunung yang memiliki ketinggian 4.887 mdpl ini juga memiliki waktu tertentu dalam mendakinya, jadi tidak dapat sembarang untuk mendaki gunung ini. Biasanya orang-orang akan mendaki pada saat akhir tahun, sehingga tidak jarang jika banyak pendaki yang dapat merayakan tahun baru di puncak gunung ini. Hal ini dikarenakan jadwal pendakian ke gunung ini hanya dibuka pada saat waktu tersebut karena sedang dalam musim panas yang dalam masa puncak yaitu pada Desember dan Januari. Karena sedang musim panas, tidak heran jika matahari terus bersinar terang, ditambah lagi selain musim panas maka jadwal pendakian akan ditutup. Karena cuaca di gunung ini yang ekstrim sehingga dapat membahayakan nyawa pendaki, walaupun sedang musim panas namun suhu pada gunung ini mencapai minus 30 derajat. Tidak heran jika banyak agen asuransi yang tidak mau meng-cover para pendaki gunung ini, sehingga persiapan matang harus dilakukan agar Anda dapat menerima setiap resiko yang ada. Sebab ketika Anda mendaki gunung ini maka harus bertahan di cuaca dingin ditambah lagi dengan treknya berupa salju licin.

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk mendaki

Biaya yang dikeluarkan untuk mendaki ini tidaklah sedikit, mengingat akan banyak sekali persiapan yang harus dilakukan sehingga biaya untuk membeli peralatan mendaki harus besar. Belum lagi biaya yang dipatok untuk tiket pesawat dan biaya pendakian lainnya yang tidak murah, hal ini sangatlah wajar mengingat letak gunung ini yang jauh. Umumnya biaya pendakian gunung ini habis hingga USD 32.500, dimana biaya pendakian dipatok seharga USD 7.500 sedang tiket pesawat pulang pergi untuk Punta Arenas-Antartika adalah USD 25.000. Hal ini dikarenakan hanya ada satu pesawat yang berangkat ke daerah ini dari Antartic Logistics and Expeditions yang terbang dari Chile. Setelah itu Anda harus menaiki pesawat baling-baling kecil dari Union Glacier ke Low Camp, tentunya diperlukan perjuangan dan biaya pendakian Gunung Vinson di Antartika yang tidak sedikit

Please rate this