Pendakian Gunung Rinjani Via Sembalun

oleh
Foto:Lalu Cahya
Suasana jalur pendakian via sembalun

Pendakian Gunung Rinjani – Mendengar Rinjani pasti sudah familiar buat kalangan para Pendaki karena gunung satu ini menjadi gunung terfavorit dan salah satu gunung terindah di Indonesia karena dengan mendaki gunung Rinjani kamu bisa mendapatkan pengalaman yang luar biasa dari segi pengalaman mendaki dan jalur tracknya yang terkenal panjang dan memiliki view yang menawan tidak heran Gunung Rinjani juga magnet bagi para pendaki mancangera.

Baca Juga: Jalur Pendakian Gunung Lawu dari 4 Bascame

Ketinggian gunung rinjani mencapai 3.726 Mdpl dan masuk daftar gunung aktif tertinggi nomor 2  setelah Gunung Kerinci, maka tidak heran kalangan pendaki berlomba-lomba untuk menggapai puncaknya walau penuh lika-liku menuju puncak Rinjani. Sebelum kamu memantapkan untuk melakukan pendakian gunung rinjani kamu perlu tahu tips mendaki gunung rinjani agar nanti saat melakukan tracking bisa maksimal dan otomatis puas dengan pendakiannya.

Jalur pendakian gunung rinjani :

Via Senaru

Via Sembalun

Via Torean

Dari ketiga jalur pendakian Gunung Rinjani diatas kebanyakan para pendaki melalui jalur Sembalun dan Senaru karena memilki medan yang tidak ektrem.

Baca Juga: Perbedaan Mendaki Gunung di dalam dan Luar Negeri

Untuk bisa sampai ke titik pendakian gunung rinjani tentu kamu harus datang ke lokasi Gunung Rinjani dimana rinjani berada di Lombok, NTB dan untuk itu kamu yang dari lur Lombok harus mendarat dulu ke lombok dengan armada apa saja ke Lombok baru menuju ketiga titik pendakian gunung rinjani, Kamu bisa baca disini Biaya Mendaki Gunung Rinjani.

Baca Juga: Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia

Kebanyakan para pendaki untuk memulai awal pendakian biasanya melewati titik awal pendakian via Sembalun karena jalur track Sembalun memilki karakter yang tidak terlalu ekstrem walau jalur tracknya panjang namun kamu tidak usah kwatir sepanjang track kamu akan disuguhkan pemdangan luar biasa yaitu padang sabana yang indah dan eksotis.

Estimasi pendakian gunung rinjani via sembalun memakan waktu kurang lebih 8- 12 jam perjalanan dimana bisa dilihat tabel dibawah ini:

No Pos Gunung Rinjani Waktu Mendaki
Pendakian Gunung Rinjani Via Sembalun
1 Pos 1-Pos 2 60 menit
2 Pos 2-Pos3 130 emnit
3 Pos3-Pelawangan 5 jam
4 Pelawangan -Puncak 70 menit

Estimasi waktu pendakian diatas tergantung individu masing-masing kalo sudah senior dan memilki fisik yang hebat bisa lebih cepat.

Puncak gunung rinjani terkenal dengan view yang mempesona jadi kalo kamu mendaki gunung rinjani diusahakan sampai puncak ia sob agar bisa menikmati indahnya segara anak dari puncak Anjani.

Baca Juga: Biaya Mendaki Gunung Slamet

Demikian informasi tentang jalur pendakian gunung rinjani via sembalun, semoga informasi sedikit ini bisa membatu buat para pendaki yang ingin melakukan tracking ke Gunung Rinjani via Sembalun foto pemanis jangan terlalu di ambil hati 😀 karena pada dasarnya manusia semua butuh penghidupan dan jika sudah diperbolehkan oleh pihak pengelola ia kita sebagai pendaki harus sadar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *