Pendakian Gunung Parang Purwakarta

Image: Badega Parang – Jalur Pendakian Gunung Parang via Ferrata

Gunung.id – Sebelumnya kita pernah bahas perihal pendakian gunung lembu Purwakarta dan Hotel Gantung tertinggi di Dunia, kali ini kita akan bahas Pendakian Gunung Parang yang mana masih satu lokasi dengan Gunung Lembu, Bongkok yang ada di Purwakarta, masuk kawasan Gunung di Jawa Barat. Jika kamu ingin merasakan sensari pendakian gunung yang ektrem ke Parang bisa jadi pilihan yang tepat karena jalur pendakian gunung parang yang sekarang sudah dibuat ”Badega Taraje Beusi”.

Baca Juga: Pendakian Gunung Gede Pangrango

Untuk bisa sampai di titik awal pendakian gunung parang jika kamu dari Jakarta atau bandung bisa mengarahkan kendaraan kamu menuju Kota Purwakarta kemudian arahkan ke Desa Sukamulya tepatny kampung Cihuni, menggunakan transportasi umum kamu bisa turun di Pintu toll Jatiluhur kemudian kamu lanjutkan dengan naik angkot menuju pasar Plered dengan ongkor -+ 15k dilanjut dengan angkot lagi menuju Kampung Cihuni dengan tarif angkot sebesar 12k , catatan jalur pasar plered ke Kampung Cihuni hanya ada di siang hari jadi kalo kamu tiba di Plered waktu sore hari dan malam bisa menggunakan jasa ojek setempat kisarang ongkos 40k-50k tergantung kamu bisa nawar ke tukang ojeknya.

Baca Juga: Pendakian Gunung Cikuray

Setelah sampai di titik awal pendakian via Ferrata Gunung Parang kamu harus mendaftarkan diri ke pengelola via Ferrata (Badega Gunung Parang)  yang mana kamu akan mendapatkan Brefing sedikit perihal pendakian gunung via Ferrata ini, biaya pendakian gunung via Ferrata sebesar 15ok kamu sudah dapat alat pengaman pendakian seperti harness,Carabinner dll tinggal naik melalui besi yang sudah dibuat dengan cara mengaitkan Carabinner dengan kawat besi yang sudah di sediakan di lintasan Via Ferrata, jadi sudah aman tinggal nyali jika ingin melakukan pendakian gunung parang via ferrata.

Pendakian gunung parang via ferrata ini ada beberapa kategori kamu bisa naik di level 300m, 500m dan paling tinggi 700m tinggal kekuatan fisik kamu terutama tangan dan pajatkan kaki kamu kuat sampai mana jika merasa capek dan tidak kuat jangan paksaan ke level yang tinggi santai saja ke 100m pun juga sudah cukup untuk menikmati indahnya gunung purwakarta.

Baca Juga: Jalur Pendakian Gunung Lawu dari 4 Bascame

Gunung parang ini memang runcing jadi digunakan oleh para penggemar penguji adrenalin untuk melakukan clambing, pajat tebing dll jenis batu tebing gunung parang adalah jenis batu adesit yang mana ini adalah jenis batu yang super keras jika pernah ke Candi Borobudur ia seperti itu jenis batu tebing gunung parang jadi aman jika kamu melakukan pendakian gunung parang vie ferrata yang sudah diberi pijakkan.

Ketinggian gunung parang adalah 981 Mdpl, sebenarnya untuk melakukan pendakian gunung parang tidak hanya dengan jalur Ferrata kamu juga bisa dengan jalur desa tentunya dengan waktu yang cukup lama sekitar 5 jam untuk naik dan turun via Desa Pasangrahan, Tegal Waru retribusi sebesar 10k.

Baca Juga: Tempat Camping di Bogor Jawa Barat Lengkap

Bagaimana ? tertarik dengan Gunung Parang, silahkan atur jadwal untuk menikmati syahdunya melakukan pendakian gunung parang, ingat selalu jaga kebersihan area wisata yang kita tuju dalam hal ini Gunung Parang, kebersihan dimulai dari tidak membuah sampah sembarang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *