Misteri Gunung Sindoro

Misteri Gunung Sindoro – Gunung Sindoro atau dikenal dengan Gunung Sindara merupakan salah satu gunung berapi yang statusnya masih aktif dan berada di Temanggung, Jawa Tengah. Gunung ini menjadi favorit pendaki karena keindahan alamnya. Namun, siapa sangka jika dibalik keindahan alamnya terdapat misteri yang masih kental dan dipercaya oleh rakyat sekitar.

Sejarah Dibalik Asal – Usul Penamaan Gunung Sindoro

Sejarah penamaan gunung ini diawali dengan adanya sebuah keluarga yang memiliki putra kembar, namun memiliki sifat yang sangat bertentangan. Putra yang satu bersifat arif dan bijaksana sedangkan yang lainnya sangat nakal. Suatu hari, putra yang bersifat nakal tersebut dipukul oleh ayahnya hingga bibirnya sumbing. Sehingga salah satu dari gunung tersebut bernama Gunung Sumbing ( Gunung di sebelah Gunung Sindoro ). Sedangkan satu gunung lainnya dinamakan Gunung Sindoro yang berarti arif dan bijaksana.

Misteri Adanya Kabut Hitam

Daerah pegunungan memang identic dengan pemandangan yang berkabut. Namun, di gunung sindoro ini muncul dua kabut yang berbeda. Kabut pertama berwarna putih yaitu kabut yang memang selalu ada di daerah pegunungan. Sedangkan kabut yang lainnya berwarna hitam. Menurut pengakuan warga sekitar, terdapat kabut hitam yang muncul di sekitar puncak gunung Sindoro. Sebenarnya, kabut hitam ini tidak muncul seseirng kabut putih biasanya dan hanya muncul beberapa saat. Namun, munculnya kabut hitam tersebut kerap kali membuat para pendaki gunung ini tersesat.

Misteri Jin Baik Gunung Sindoro

Konon, dikabarkan bahwa di sekitar gunung sindoro ini terdapat jin baik yang taat dan patuh kepada Allah SWT. Jin – jin tersebut sangat membenci perbuatan – perbuatan kotor manusia yang dilakukan di sekitar gunung sindoro ini. jika demikian, jin baik tersebut akan berdoa kepada Allah agar manusia tersebut dihukum. Menurut kepercayaan masyakarakat sekitar, meletusnya gunung sindoro merupakan salah satu bentuk hukuman Allah SWT akibat perbuatan kotor manusia

Misteri Penampakan Ribuan Ular

Menurut cerita masyarakat setempat, di sekitar kawasan sungai gunung sindoro ini kerap kali dipenuhi dengan penampakan ribuan ular. Hal ini nyatanya pernah dialami oleh salah seorang warga setempat. Ular – ular tersebut dipercaya muncul dari dalam goa disekitar sungai.

Misteri penampakan Ular Besar

Tak banyak orang tahu tentang penampakkan ular besar ini. namun beberapa sumber mengatakan bahwa ular besar tersebut adalah sebuah jelmaan batu panjang dan memiliki ukiran unik layaknya sisik ular yang terdapat di sepanjang sungai di kaki Gunung Sindoro ini.

Misteri Wangi Bunga Edelweiss

Keberadaan bunga edelweiss pada Gunung Sindoro memang dikenal sebagai daya tarik tersendiri mengingat keberadaan bunga edelweiss ini semakin langka pula untuk ditemui. Konon, wangi dari bunga edelweiss yang berada di gunung sindoro ini akan tahan lama bahkan hingga 3 tahun lamanya. Hal itu dikarenakan para warga sekitar percaya akan kehadiran para bidadari yang menjaga bunga – bunga edelweiss ini agar tetap tumbuh dan wangi.

Misteri Gunung Sindoro Sebagai Pusat Feminitas dan Gunung Sumbing Sebagai Pusat Maskulinitas

Banyak orang percaya bahwa Gunung Sindoro berperan sebagai pusat feminitas dan maskulinitas. Gunung Sindoro merupakan simbol feminitas yang memiliki sifat yang dingin sedangkan gunung Sumbing merupakan simbol maskulinitas yang memiliki sifat panas. Sama seperti Yin dan Yang pada kepercayaan Orang Tonghoa, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dipercaya sebagai penjaga keseimbangan tanah di Pulau Jawa.

Nah, itulah beberapa misteri yang terdapat di Gunung Sindoro. Meskipun hal tersebut belum jelas kebenarannya, hendaknya bagi Anda pendaki Gunung Sindoro untuk tetap menghormati kepercayaan penduduk sekitar dan tidak melanggarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *