Jalur Pendakian Gunung Semeru

oleh
Foto:naturalsunricetour.com

Jalur Pendakian Gunung Semeru – Dunia aktifitas luar ruang terus mengeliat dari tahun ke tahun khususnya pendakian gunung dalam negeri tercinta terbukti setiap akhir pekan gunung tenar semisal semeru ini menjadi incaran para pendaki dari penjuru nusantara dari papua sampai Sabang đŸ˜€ , setelah Jalur Pendakian Gunung Semeru resmi dibuka nanti pada tanggal 4 April 2018 sudah banyak pendaki yang mempersiapkan untuk melakukan booking secara online di situs resmi TNBTS.

Bagi kamu yang ingin melakukan pendakian gunung semeru tentunya harus tahu estimasi biaya untuk melakukan pendakian gunung semeru dari kota asal ke pos pendakian gunung semeru. Alasan apa kamu ingin mendaki gunung semeru? jika pendaki yang sudah senior mungkin mau nostagia menikmati indahnya rakum dan tidak mementingkan puncak, namun lain hal dengan pendaki yang baru pertama ke Semeru pasti niat untuk menggapai puncak sangatlah kuat dan itu semua wajar.

Bagaimana untuk mencapai titik awal pos pendakian gunung semeru, jika kamu dari arah barat misal Aceh – Jakarta- Solo bisa menggunakan armada darat atau udara menuju Malang tepatnya di Tumpang awal atau start untuk menuju pos pendakian gunung semeru yaitu desa ranu pane, dan jika kamu berasal dari Papua – surabaya bisa menuju Malang dulu juga dan selanjutnya kamu naik angkot atau sewa mobil ke daerah tumpang untuk melanjutkan perjalanan menuju pos awal pendakian ranu pane, untuk lama perjalanan dari tumpang ke ranu pane kurang lebih 70 menitan sudah sampai ranu pane. untuk biaya ongkos dari tumpang dikisaran 40 -60k/orang.

Sebenarnya untuk melakukan pendakian gunung semeru via Probolinggo bisa namun jalur yang paling diminati via Malang. Sebelumnya kamu melakukan pendakian jangan lupa untuk booking online ia sob minimal 5 hari sebelum kamu mendaki semeru bisa langsung ke situs resmi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tiket untuk pendakian gunung semeru dikenakan biaya sebesar 17.500 untuk pelajar dan untuk umum sebesar 22.500

Berikut jalur pendakian gunung Semeru:

No Pos Gunung Semeru Waktu Mendaki
Pendakian Gunung Semeru
1 Ranu Pane- Landengan Dowo 90 menit
2 Ladengan Dowo – Watu Rejeng 80 menit
3 Watu Rejeng – Ranu Kumbolo 120menit
4 Ranu Kumbolo – Oro Oro Ombo 30 menit
5 Oro Oro Ombo – Cemoro Kandang 40 menit
6 Cemoro Kandang – Jambangan 40 menit
7 Jambangan – Kalimati 30 menit
8 Kalimati – Arcopodo 170 menit
9 Arcopodo – Mahameru 200 menit

Dari tabel diatas didapatkan untuk melakukan pendakian gunung semeru butuh waktu kurang lebih 14 jam tracking biasanya para pendaki melakukan camp di ranu kumbolo atau langsung ke kalimati jika kamu banyak waktu disarankan nikmati dinginya rakum.

Baca Juga: Estimasi Biaya Mendaki Gunung Jaya Wijaya (Carstenz) Papua

Demikian informasi perihal jalur pendakian gunung semeru beserta estimasi waktu lama pendakian tiap pos sampai puncak mahameru, semoga dengan informasi sedikit ini dapat membantu kamu yang dalam waktu dekat ingin melakukan pendakian gunung semeru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *