Jalur Pendakian Gunung Cikuray

oleh

Jalur Pendakian Gunung Cikuray – Salah satu destinasi pendakian di Garut yang paling sulit di gapai puncaknya adalah gunung Cikuray, secara administratif Gunung Cikuray berada di Dayeuhmanggung Kabupaten Garut. Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi mendaki gunung cikuray untuk bisa sampai ke titik awal pendakian kamu harus ke Garut dulu dengan estimasi biaya pendakian gunung cikuray yang cukup bersahabat di Kantong.

Gunung cikuray memilki ketinggian 2821 Mdpl , selain gunung cikuray sendiri di garut ada gunung papadayan, gunung guntur setelah kamu mendaki gunung cikuray bisa mampir kedua gunung lain di Garut. Kebanyakan pendaki yang ingin melakukan pendakian ke gunung cikuray karena memiliki sunrise yang tidak ada di dapatkan di gunung manapun, gunung cikuray sangat eksotis jika pagi datang saat kita ngopi di puncak sambil udud menikmati matahari terbit dengan buliran awan dibawah menambah harmoni jiwa menyatu dengan mata senada dengan denyut dada di tambah sama pasangan begitu mesra oh indahnya 😀 . Bagi kamu yang melakukan pendakian gunung cikuray di tahun 2013 ke bawah mungkin sunrise yang cantik mudah didapat namun belakangan puncak cikuray jarang menampakkan view yang menawan menampilkan kilauan cahaya yang terbit dari segerumpulan awan dari kejauhan di padang dari puncak Gunung Cikuray yang menawan kala itu tapi kini semua tabu 😀 .

Pendakian gunung cikuray terkenal dengan track yang tanpa bonus alias track landai tidak ditemukan rata-rata menanjak walau tidak terlalu tajam namun ini akan menghabiskan tenaga kamu sob kalo tidak percaya coba via Pemancara jalur yang paling sering di pakai oleh pendaki untuk melakukan pendakian gunung cikuray.

Untuk kamu yang ingin melakukan pendakian gunung cikuray ada tiga jalur pendakian diantara adalah via Cilawu, Via Cikajang, dan Via Bayongbong tinggal pilih sesuka hati kamu ia sob tapi kita merekomendasikan via Cilawu.

Jalur Pendakian Gunung Cikuray Via Cilawu atau Pemancar yang mana bisa kamu tuju dengan cara mengendarai sepeda motor atau naik ojek atau sewa mobil bak dari terminal guntur ke pemancar, setelah sampai bisa langsung urus simaksi dan melakukan aktifitas pendakian gunung cikuray. Jalur cilawu didominasi tanjakan yang sudah kita singgung diatas tadi jadi jarang bonus ia sob sepanjan track akan terus menanjak dan yang paling keren tidak ada sumber mata air jadi kamu harus bawa air dari pemancar yang cukup untuk bekal pendakian gunung cikuray ini agar tidak haus nanti. Waktu yang kamu habiskan untuk pendakian via Cilawu kurang lebih 8-10 jam pendakian.

Jalur pendakian gunung cikuray via Cikajang untuk bisa sampai pos awal pendakian dari terminal garut kamu naik angkot(putih Biru)  menuju ke alun-alun cikajang kemudian dilanjut dengan naik ojek ke kampung Olan dengan biaya jasa ojek sebesar 20k – 40k tawar saja sama abangnya sebisa mungkin agar dapat ongkos yang murah. Waktu pendakian gunung via Cikajang memakan waktu kurang lebih 6 jam dengan estimasi waktu dari os 1 – 2 60 menit dari pos 2 – 3 (pos Bayangan II) 2 jam dari pos 3 – Puncak 2 jam .

Jalur pendakian gunung cikuray via Bayongbong ini cukup mudah dijangkau kamu dari terminal guntur bisa naik angkot(putih Kuning) menuju Bayongbong patokan untuk jalur awal pendakian adalah setelah alun alun Bayongbong ada persimpangan menuju Kampung Pabrik nah dari sini kamu bisa memulai jalur pendakian gunung cikuray via Bayongbong namun jika kamu bernat mendaki dari Bayongbong harus extra latihan karena meda tracking terkenal berat, lebih berat dari Cilawu. waktu lama pendakian via Bayongbong 6 jam pendakian dengan estimasi pendakian dari pos 1 ke pos 2 selama 60 menit dari pos 2 -3 120 emnit dari pos 3 -6 130 menit dari pos 6 – puncak 30 menit.

Baca Juga: Jalur Pendakian Gunung Semeru

Dari jalur pendakian gunung cikuray diatas mana yang sudah kamu coba sob? sesuaikan fisik dan mental kamu karena sejatinya mendaki itu bukan hanya sekedar untuk menunjukkan kegigihan kamu sob.

Demikian informasi jalur pendakian gunung cikuray yang bisa kita informasikan, semoga informasi sedikit ini membantu buat kamu yang dalam waktu dekat ini ingin mendaki gunung cikuray.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *