Inilah 7 Puncak Gunung Tertinggi Di Indonesia yang Perlu Ditaklukan

oleh

Sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya biasa kita sebut dengan gunung. Gunung merupakan bagian dari permukaan bumi yang menjulan lebih tinggi daripada daerah yang berada di sekitarnya. Kali ini akan membahas tentang gunung tertinggi di Indonesia.

Akhir-akhir ini hobi mendaki semakin banyak diminati oleh masyarakat. Tidak jarang, biasanya para pendaki ingin menaklukkan gunung yang terkenal dengan ketinggiannya. Berikut ini gunung tertinggi di Indonesia.

  1. Pegunungan Jaya Wijaya, Papua

Puncak Jaya atau yang biasa dikenal dengan nama pegunungan Jaya Wijaya adalah gunung yang tertinggi di Indonesia. Dengan ketinggian 5.030 di atas permukaan laut dan menjadi salah satu dari 10 gunung yang tertinggi di dunia. Tidak hanya itu saja, gunung ini menjadi satu-satunya tempat di Indonesia yang terdapat salju di puncaknya.

Sebutan lain dari Puncak Jaya adalah Puncak Jayadikesuma, Puncak Carstenz dan Piramida Carstensz. Tidek diketahui pasti siapakah yang pertama kali menaklukkan gunung tertinggi yang ada di Indonesia ini.

  1. Puncak Mandala

Pada urutan kedua terdapat gunung yang masih berada di kawasan Papua, yaitu Puncak Mandala dengan ketinggian 4.760 meter di atas permukaan laut. Pada masa penjajahan Belanda, gunung ini dikenal dengan nama Julianatop. Bagi para pendaki lokal maupun pendaki mancanegara, Puncak Mandala merupakan salah satu gunung yang paling menantang.

  1. Gunung Kerinci

Sebuah gunung yang terletak di Pulau Sumatera dan terletak di luar Papua ini merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia. Apalagi Gunung Kerinci memiliki ketinggian mencapai 3.805 meter di atas permukaan laut yang letaknya sekitar 130 kilometer dari Padang. Gunung tersebut memiliki kawah yang berbentuk kerucut dan kawah berisi air dengan warna yang hijau kekuning-kuningan.

  1. Gunung Rinjani

Terletak di Pulau Lombok dengan ketinggian mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut dengan pemandangan yang indah. Di tengah gunung terdapat sebuah gunung berapi yang masih aktif hingga kini bernama Gunung Barujari. Terdapat pula sumber mata air panas yang digunakan untuk berobat, sedangkan Danau Segara Anak juga dapat dipergunakan sebagai tempat untuk memancing.

  1. Gunung Semeru

Dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut, Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi yang ada di Pulau Jawa. Gunung Semeru berada tidak jauh dari Gunung Bromo, dan tidak diragukan lagi akan pemandangan Gunung Semeru yang terkenal indah sampai ke mancanegara.

Setiap 10 menit sekali, terdapat letusan vulkanis yang dissemburkan dari kawah Jonggring Saloko. Di pertengahan jalur pendakian juga terdapat danau yang terkenal, yaitu Danau Ranu Kumbolo dengan luas mencapai 5 hektar yang akan dilalui oleh para pendaki.

  1. Gunung Jatimojong

Letaknya berada di Kabupaten Enkrang Propinsi Sulawesi Selatan ini adalah gunung tertinggi yang ada di Pulau Sulawesi dengan ketinggian mencapai 3.430 di atas permukaan laut. Ini bukanlah gunung berapi aktif, jadi sangat aman untuk jalur pendakian.

  1. Gunung Binaiya

Puncak tertinggi yang berada di Kepulauan Ambon ini berada di Pulau Seram dengan ketinggian 3.027 di atas permukaan laut. Gunung yang mempunyai dua puncak dan jarang adanya pendaki yang mengunjungi daerah ini. Namun, ada tantangan tersendiri jika mendaki di Gunung Binaiya yaitu anda diharuskan untuk memulai pendakian dari 0 mdpl.

Demikianlah artikel mengenai gunung tertinggi di Indonesia, semoga artikel kali ini dapat menambah informasi anda. Ketika anda sedang mendaki, maka jangan membuang sampah sembarangan, karena kita berkewajiban untuk menjaga kelestarian alam Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *