Inilah 6 Tips Mendaki Bagi Pemula yang Wajib Dilakukan

oleh

Mendaki gunung merupakan sebuah kegiatan yang yang cukup menantang, memacu adrenalin dan menyenangkan. Walaupun merupakan suatu kegiatan yang cukup menantang, mendaki gunung belakangan ini sangat populer dilakukan di kalangan muda-mudi. Banyak diantara mereka yang sudah berpengalaman dalam mendaki gunug, tapi tak sedikit juga yang masih belum akrab dengan kegiatan ini.

Bagi pemula yang baru belajar naik gunung, tentunya banyak yang harus dipersiapkan supaya nanti di atas gunung tidak kekurangan apapun. Beberapa tips mendaki bagi pemula dapat diterapkan supaya pengalaman pendakian menjadi lancar dan menyenangkan.

Pemula dalam mendaki gunung biasanya masih memiliki semangat dan motivasi yang sangat besar untuk menakhlukkan sebuah gunung. Tetapi  mendaki gunung hingga sampai puncak bukanlah perkara mudah. Diperlukan persiapan khusus yang harus dilakukan oleh pendaki pemula terutama kondisi fisik dan mental yang bugar. Menganggap remeh persiapan untuk mendaki gunung dapat berakibat fatal serta merugikan diri Anda sendiri juga orang lain.

Tips Mendaki Bagi Pemula

  1. Pelajari Dulu Gunung yang Hendak Didaki

Sebelum mendaki gunung, carilah informasi seputar gunung yang akan Anda daki. Informasi mengenai ketinggian gnung, rute jalur pendakian, lokasi peristirahatan, harga tiket masuk, jumlah pos, lokasi sumber mata air dan transportasi. Dan tak kalah penting adalah perkiraan biaya untuk pergi dan pulang gunung.

  1. Mendakilah Saat Weekend

Mendaki gunung saat akhir pekan ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihanya pada weekend jalur pendakian akan cenderung ramai sehingga kita tak perlu khawatir tersesat. Sedangkan kekurangannya Anda akan kehilangan feel saat mendaki. Bagi pemula disarankan untuk mendaki saat weekend saja supaya risikonya lebih kecil. Ramai sedikit tidak masalah.

  1. Melatih Otot Kaki dan Keseimbangan

Kegiatan melatih otot kaki dan keseimbangan dapat dilakukan dengan cara berlari dan senam-senam kecil pada pagi atau sore hari. Usahakan kegiatan ini dilakukan dengan rutin seminggu sebelum mendaki gunung. Dengan melatih otot kaki dan keseimbangan, trek gunung sesulit apapun dapat dilalui dengan mudah.

  1. Menjaga Kesehatan

Tips mendaki bagi pemula yang keempat ini sangat penting dan peranannya sangat vital dalam pendakian gunung. Anda harus menjaga kesehatan sendiri supaya saat sudah di gunung tidak menyusahkan orang lain.

  1. Mempersiapkan Perlengkapan Mendaki Sebaik Mungkin

Setelah persiapan fisik sudah sudah dilakukan, kini yang harus disiapkan adalah perlengkapan yang harus dibawa saat Anda mendaki gunung. Jika tidak mempersiapkan perlengkapan dengan baik, kenyamanan saat mendaki gunung akan sangat kurang. Perlengkapan mendaki gunung yang wajib ada antara lain tenda, jaket, peralatan memasak, obat-obatan pribadi, trekking pole, senter, dan sarung tangan. Selain itu siapkan pula alat navigasi seperti kompas dan peta supaya tidak tersesat.

  1. Hilangkan Gengsi

Saat mendaki gunung, jangan gengsi untuk minta istirahat sejenak saat badan sudah lelah. Jika terus dipaksakan untuk mendaki, risikonya bisa tinggi. Pendakian gunung bukanlah perjalanan biasa, apalagi bagi Anda yang masih pemula.

Tips mendaki bagi pemula di atas dapat diterapkan supaya pendakian akan terasa nyaman dan menyenangkan. Sehingga Anda mempunyai pengalaman mendaki gunung yang berkesan dan tak terlupakan.

Selain beberapa tips di atas, ada satu tips lagi yang harus Anda ingat saat mendaki gunung yaitu bawalah sampah saat Anda turun dari gunung. Dengan tidak membuang sampah pada kawasan gunung Anda turut serta dalam menjaga kelestarian alam yang nantinya berguna untuk cucu-cucu Anda.

One thought on “Inilah 6 Tips Mendaki Bagi Pemula yang Wajib Dilakukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *