Inilah 6 Sejarah Gunung di Indonesia yang Memiliki Banyak Mitos dan Fakta

oleh

Letak Indonesia yang berada pada pertemuan jalur lempeng dunia menghasilkan banyak sekali gunung berapi. Banyaknya gunung tersebut dikarenakan Indonesia dilewati oleh dua jalur pegunungan muda, yaitu Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik. Ada banyak sejarah gunung di Indonesia yang akan kami beberkan informasinya pada artikel ini.

Sejarah Gunung di Indonesia

Sebagian besar gunung yang ada di Indonesia mempunyai sejarah di dalamnya. Baik itu sejarah terjadinya gunung, ataupun sejarah mistis yang terjadi pada gunung tersebut. Lalu apa saja sejarah tentang gunung di Indonesia, berikut inilah sejarahnya.

  1. Gunung Kerinci

Taman Nasional Gunung Kelinci dikaitkan dengan adanya manusia pendek yang mempunyai ciri, tingginya hanya 140 cm, berjalan tegak, selalu membawa tonggak, tubuhnya berbulu dan muka terlihat tua. Ini menjadi legenda sejak ratusan tahun yang lalu dan sampai sekarang masih dijadikan penelitian untuk mencari tahu tentang makhluk misterius tersebut.

  1. Gunung Bromo

Pada zaman dahulu kala lahir anak bernama Joko Seger. Di sisi lain, lahirlah anak titisan dewa yang bernama Roro Anteng. Ketika beranjak dewasa, Anteng banyak dipinang oleh pangeran. Namun dia menolak karena telah menaruh hatinya untuk Joko Seger. Pada suatu hari ada pangeran berwatak jahat yang melamar Anteng.

Namun Anteng memberi dia permintaan untuk membuat lautan ditengah gunung dan harus selesai sebelum keesokan harinya. Ketika pangeran akan selesai, Anteng sangat bingung. Lalu dia memukul lesung agar ayam bagun dan berkokok. Ayampun berkokok, namun tidak ada cahaya mentari. Merasa dirinya gagal, maka pangeran marah dan melempar batok kelapa yang sekarang berubah menjadi gunung.

  1. Gunung Rinjani Lombok

Pada zaman dahulu kala, lahirlah Dewi yang terlahir dari seorang raja bernama Datu Tuan. Dewi Anjani diajak sang ayah untuk bersemedi di puncak gunung hingga Dewi Anjani di angkat oleh para jin dan makhluk halus untuk menjadi Ratu. Sejak saat itu pula, gunung yang dijadikan tempat semedi Dewi Anjani dinamai dengan gunung Rinjani.

  1. Gunung Merbabu

Berasal dari kata maharu yang berarti gunung, dan abu yang berarti warna abu-abu karena pada zaman dahulu terjadi letusan yang seluruh permukaan tanahnya tertutup oleh material abu vulkanik. Hal inilah yang menjadi asal muasal nama Gunung Merbabu.

  1. Gunung Dieng

Namanya berasal dari bahasan Sansekerta kuno di dan hyang dan dieng dianggap sebagai tempat pemujaan dewa utama agama Hindu yang bernama Bathara guru. Nama Gunung Dieng tidak dapat dilepaskan dari misteri anak gimbal yang hidup di sekitar kawasan tersebut. Banyak cerita turun temurun jika anak yang mempunyai rambut gimbal merupakan titisan dari Kyai Kadalete.

Kyai Kadalete sendiri dikenal sebagai seorang yang memiliki kesaktian dan pada masanya selalu membela masyrakat kecil yang hidup pada zaman kerajaan mataram. Sampai saat ini masih tidak diketahui oleh medis bagaimana rambut anak-anak tersebut menjadi gimbal secara tiba-tiba.

  1. Gunung Semeru

Selain menyandang gelar gunung tertinggi di Pulau Jawa, konon Gunung Semeru merupakan tempat bersemayamnya para dewa. Menurut cerita yang turun temurun, para Dewa memutuskan untuk memaku Pulau Jawa dengan cara memindahkan Gunung Meru yang semula di India lalu dipindah ke Pulau Jawa.

Demikianlah sedikit ulasan kali ini yang membahas tentang sejarah gunung di Indonesia. Ada banyak sekali gunung di Indonesia yang menyajikan sejarah-sejarah unik lainnya. Semoga artikel kali ini dapat menambah pengetahuan anda dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *