,

Inilah 4 Gunung di Indonesia dengan Keindahan yang Luar Biasa

oleh

Sudah bukan hal asing kalau gunung di Indonesia memiliki pesonanya sendiri untuk dikunjungi. Para pendaki tidak pernah kehabisan daftar keindahan gunung di Indonesia. Perlu diketahui bahwa Indonesia berada di daerah cincin api dimana ini adalaha jalur gunung berapi yang aktif dan sangat berbahaya di dunia.

Hal ini memang terdengar mengerikan tetapi ini juga membuat Indonesia punya kelebihan dibanding Negara – Negara lain yakni banyaknya panorama gunung. Untuk mengenal apa dan dimana saja gunung itu berada, anda bisa menyimak beberapa ulasan dibawah ini.

  1. Gunung Rinjani, NTB

Tidak hanya memiliki keindahan pantai – pantai yang eksotis, tetapi di Lombok juga terkenal dengan gunung yang juga sudah tersohor keindahannya. Gunung Rinjani namanya, tempat wisata trekking terbaik di Asia Tenggara.

Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 meter dan berhasil menjadi gunung di posisi ketiga tertinggi di Indonesia. Anda bisa mendapatkan beragam pemandangan alam yang memukau jika bertandang kesini. Ada padang savana dan bunga Edelweis, danau segara anak, sampai peritiswa terbitnya matahari yang cantik memanjakan mata, perkiraan waktu yang bisa anda tempuh untuk sampai kesini adalah tujuh sampai sepuluh jam. Siapkan kondisi tubuh yang prima untuk menaklukkannya.

  1. Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung di Indonesia yang selanjutnya terkenal dengan panorama alamnya yang membuat siapa saja jatuh cinta. Lokasi gunung bromo berada di empat wilayah berbeda seperti Kabupaten Malang, Pasuruan, Lumajang dan Probolonggi. Letaknya memang strategis dan membuat anda mudah untuk mengkasesnya. Gunung ini terkenal dengan penmandangan sunrise yang bagus.

Banyak pengunjung yang bahkan datang dari luar negeri untuk menyaksikan keindahannya. Para pengunjung ini bisa berasal dari China, Thailand dan Eropa. Selain ada pemandangan sunrise, anda bisa mendaki gunung untuk melihat kawah Bromo yang berdiameter sekitar 800 meter dari utara ke selatan dan 600 meter dari barat ke timur.

Jika anda ingin juga mendapatkan hasil foto yang bagus, anda bisa pergi ke bukit teletubbies. Lautan pasir juga menjadi tempat yang wajib dikunjungi. Bawalah pakaian hangat. Nikmati tempat indah yang pernah menjadi lokasi syuting film pasir berbisik ini.

  1. Gunung Semeru, Jawa Timur

Selanjutnya masih berasal dari Jawa Timur di antara dua kabupaten. Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Gunung Semeru merupakan Gunung tertinggi di Pulau Jawa yang memiliki ketinggian 3.676 meter dan keindahan alam yang menawan. Belakangan, gunung ini semakin ramai pengunjung setelah adanya film layar lebar 5 cm yang juga mengeksplor keindahannya.

Di gunung ini terdapat sebuah danau bernama danau Ranu Kumbolo yang merupakan tempat peristirahatan dari para pendaki dan markasnya untuk melanjutkan perjalanan esok hari. Di depan Ranu Kumbolo ada satu jalan yang menanjak dan dikenal sebagai Tanjakan Cinta. Konon,pendaki yang bisa melalui tanjakan ini tanpa menoleh ke belakang akan memiliki kisah cinta yang abadi.

Anda juga akan disuguhi panorama alam padang savanna Oro – oro Ombo. Tempat ini penuh dengan bunga lavender. Ada juga lereng yang ditumbuhi pohon pinus seperti pemandangan khas pegunungan di Eropa.

  1. Puncak Jaya, Papua. Gunung di Indonesia Berselimut Salju

Meskipun berada di wilayah dengan iklim tropis, Puncak Jaya Papua merupakan pegunungan yang diselimuti oleh salju. Gunung ini memiliki ketingian mencapai 4.884 meter yang membuatnya menjadi gunung tertinggi di Indonesia. Meskipun tempat ini menjadi satu – satunya yang tertutup salju namun diperkirakan salju akan bisa menipis dan mengering.

Menurut para peneliti, menipisnya endapan es yang ada di Puncak Jaya dari tahun ke tahun menipis karena adanya pemanasan global. Nama lain dari Puncak Jaya ini adalah Cartenz Pyramide yang diambil dari nama seorang petualang Belanda yaitu Jam Carstenz, orang pertama yang bisa melihat gunung bersalju di daerah tropis.

Itulah beberapa daftar Gunung di Indonesia yang bisa anda kenali. Barangkali, anda ingin mendaki bersama keindahannya. Jangan lupa untuk turut menjaga kebersihan dan keindahan gunung-gunung ini dengan tidak mengeksploitasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *