Gunung di Jawa Tengah

oleh

Gunung di Jawa Tengah memang banyak, Mendengar gunung pasti yang terlintas dibenak kalian ketinggian dan penuh dengan cerita mistis di gunung tertentu klhususnya jawa, akan tetapi belakangan ini gunung menjadi salah satu daya tarik bagi para remaja khususnya untuk menikmati suasana gunung dengan melakukan pendakian gunung yang di inginkan.

Baca Juga: Tips Pendaki Pemula

Indonesia memiliki banyak gunung yang tersebar di penjuru dari sabang sampai maraoke untuk mendaki semua gunung di Indonesia butuh waktu seumur hidup baru bisa mendaki gunung yang ada di Indonesia 😀 coba daki semua gunung di Indonesia pasti butuh waktu lama karena terlalu banyak gunung di NKRI ini.

Baca Juga: Beberapa Makanan Yang Sering di Bawa Pendaki

Khusus Gunung di Jawa Tengah ada beberapa gunung yang perlu soba tahu agar nanti bisa menajdi destinasi sobat  saat berkunjung di Kota kota Jawa Tengah dan di kota tersebut terdapat gunung yang wuhui untuk di daki, berikut gunung di jawa tengah yang perlu kamu tahu agar nanti kalo tahu yang  menjadi besar minat akan keinginan untuk mendaki gunung tersebut dengan cara kamu dan tentunya harus dengan safety Hiking yoo, ingat sampahnya.

Baca Juga: Tips Memilih Tas Gunung

Untuk ulasan gunung yang pertama kita mulai dari sisi timur Jawa Tengah yang mana adalah Wonogiri, tahu tidak kalo wonogiri itu Kota Bakso dan Mie Ayam heee , banyak yang jualan kuliner tersbut warga Wonogiri jika merantau jadi terkenal sudah bakso dan mie ayam wong Wonogiri di jamin joss.

  • Gunung Gandul
Foto:@fubuki_aida

Jalur pendakian bisa melalui RSUD Wonogiri dengan waktu tempuh sampai puncak kurang lebih 1-2 jam , gunung gandul memilki ketinggian sekitar 600 Mdpl.

  • Gunung Margoboyo

Gunung Margoboyo memilki ketinggian kurang lebih 1600 Mdpl denga khas tajakan terjang dan curam sebelum sampai puncak Margoboyo, untuk kamu yang hoby mendaki jalur pendakian gunung margoboyo melalui Dusun Kresak, Selogiri atau via Dusun Banasan, Bero, Mayaran semua jalur sama saja yang penting siapkan fisik dan alat yang safety untuk mendaki Gunung Margoboyo.

  • Gunung  Cupri

Bukti cubri ini adalah tempat hitsnya Wonogiri karena puncak Cubri terkenal dengan Sunrise nya, kamu akan ditawarkan indahnya kabut cinta yang menyelimuti pegunungan area purwantoro dan kawasan Ponorogo dari puncak Cubri. Untuk bisa kesini dari parkiran hanya membutuhkan tracking kurang lebih 1 jam saja.

  • Gunung Kambengan

Gunung Kambengan memilki ketinggian kurang lebih 800 Mdpl dimana jika kamu tertarik mendaki gunung ini bisa ke Dusun Kembengan, Jatiroto sebagai titik awal pendakian, Gunung ini banyak menyimpan sejarah salah satunya ada makan yang berada di atas gunung diyakinin warga sekitar itu adalah orang PKI yang lari pada Zamanya.

  • Soko Gunung
Foto:Putri9701

Ketingian Soko Gunung 870 Mdpl kamu bisa selfie disini disediain tempat atau spot foto , cocok buat kamu yang doyan selfie dengan latar belakang alam Wonogiri. Untuk tiket masuk Soko Gunung sebesar 5k.

  • Gunung Besek
Foto:@Phynodline

Lokasi Gunung Besek berada di Dusun Pager Gunung, Plosorejo, Kismantoro gunung ini berbatasan langsung dengan Pacitan , view gunung besek tidak kalah dengan Bukit Cubri.

  • Gunung Kukusan

gunung kukusan poncol magetan

Gunung kukusan berlokasi di Magetan dan berbatasan dengan Wonogiri jadi setengah ikut Magetan sisi timur dan sisi barat ikut Wonogiri.

  • Gunung Lawu

gunung lawu magetan

Kalo gunung satu ini pasti sudah pada tahu ia, gunung lawu terkenal dengan mbok yemnya jadi kalo mendaki gunung lawu jangan terlalu banyak bawa makanan sudah ada warung adem ayem si mbok yem.

  • Gunung Temoloyo
gunung temoloyo
Foto:Fikri

Warga sekitar menyebutnya gunung pemancar akan tetapi banyak orang sudah mengenai dengan gunung temoloyo, gunung temoloyo berlokasi di Magelang jika kalian ke gunung temoloyo kalian akan disuguhkan panorama indah dengan baground gunung andong dan merbabu dari puncak gunung temoloyo.

  • Gunung Sindoro
explore1indonesia.blogspot.com
explore1indonesia.blogspot.com

Gunung Sindoro – Jawa tengah begitu lekat dengan gunung dimana gunung di jawa tengah jarak dari satu gunung ke gunung lain hanya berbatasan kota saja shingga jika kita sampai puncak gunung di jawa tengah bakal melihat eloknya gunung tentngga, betul tidak 😀 . Ketingiian gunung sindoro 3.150mdpl dimana jalur pendakian yang sering di gunakan oleh para pendaki via kledung di Temanggung.

  • Gunung Sumbing
summitmountain.wordpress.com
summitmountain.wordpress.com

Gunung sumbing memilki ketinggian 3.371mdpl dimana para pendaki menggunakan jalur garung untuk mengawali pendakian gunung yang berada di Wonosobo.

  • Gunung Slamet
lintas.me
lintas.me

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di jawa tengah, memiliki medan yang sangat laur biasa karena jika kalian sampai ke pelawangan kalian akan di suguhkan medan tracking ia menantang adrenalin. Selain medan pendakian gunung slamet terbilang sangat sulit di tambah air tidak tersedia di pos-pos pendakian menambah gahar gunung slamet ini, tertarik untuk menaklukan gunung slamet? coba via Guci Brebes.

  • Gunung Merapi

gunung merapi

Gunung Merapi via selo biasanya juga kan mendaki gunung merbabu karena gunung merbabu juga ada jalur dari selo sangat jelas gunung merbabu bertengger di depan mata saat kita sampau di pasar bubrah gunung merapi.

  • Gunung Merbabu

gunung merbabu

Gunung merbabu dengan ketinggian 3145mdpl dimana dengan jalur pendakian via wekas yang berada di Megalang, via thekelan di salatiga, dan via selo di Bonyolali. Guunung merbabu adalah gunung favorit pendaki sejati karena track sangat menantang dan pemadangan sangat epic sepanjang jalur pendakian.

  • Gunung Andong
pendaki-gunung.com
pendaki-gunung.com

Gunung ngehit setelah prau dimana ketinggian gunung andong 1.726mdpl wah lumayan tinggi dan tidak begitu pula cocok buat kita yang ingin mengembangkan keahlian mendaki alias masih junior untuk mendaki gunung andong ini.

  • Gunung Unggaran
foto: wahyu adibyo
foto: wahyu adibyo

Yang berdomisli semarang raya pasti tidak asing dengan gunung satu ini bahkan kalian yang tinggal di luar semarang juga bakal tidak asing karena gunung unggaran jika kalian ke jawa timur naik bus dengan track Semarang pasti melihat ini gunung sepajang jalan lintas provinsi jawa. Gunung unggran memiliki ktinggian 2.050mdpl dengan jalur pendakian songo, jimbaran dan candi gedong bisa sobat trip jalur mana yang ingin kalian pilih untuk mendaki gunung unggaran.

  • Gunung Prau
berbagitrip.blogspot.com
berbagitrip.blogspot.com

Gunung Prau adalah gunung yang paling ngehits di jawa tengah karena gunung prau sangat ramai pengunjung dimana gunung ini hanya beberapa jam kamu bisa sampai di camp area dengan suguhan pemandangan yang mempesona. Kebanyakn para pendaki untuk mendaki gunung prau via patak banteng dimana hanya sekitar -+ 3 jam perjalanan bisa sampai are camp gunung prau.

Baca Juga: Daftar Gunung Berapi di Pulau Jawa Yang Perlu Kamu Tahu

Demikian informasi tentang gunung di jawa tengah yang bisa kita berikan, semoga dengan adanya informasi sedikit ini membantu buat teman-teman yang akan melakukan ekspidisi pendakian gunung area Jawa Tengah nanti, atau mau liburan bersama keluarga dengan cara pendakian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *