Estimasi Biaya Mendaki Gunung Sumbing

oleh
via @boby Yogama

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Sumbing – Nama Gunung Sumbing mungkin sudah sangat lekat bagi penduduk sekitar Jawa Tengah. Dimana Gunung Sumbing merupakan salah satu gunung berapi tertinggi nomor 2 di Jawa Tengah setelah Gunung Slamet. Gunung ini memiliki ketinggian 3.371m dpl yang membentang di tiga wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Temanggung, Magelang, dan Wonosobo. Gunung ini juga terletak pas di sebelah Gunung Sindoro.

Baca Juga: Jumlah Taman Nasional di Indonesia

Jika diperhatikan, Gunung Sumbing dan Sindoro bagaikan gunung kembar layaknya Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Keduanya memiliki ketinggian yang hampir sama, selain itu gunung ini juga memiliki tipe hutan yang hampir sama pula. Namun banyak yang menyebutkan jika trek pendakian Gunung Sumbing lebih berat dibandingkan Gunung Sindoro. Untuk kamu yang ingin mendaki ke Gunung Sumbing, maka berikut estimasi biaya mendaki Gunung Sumbing yang bisa kamu ketahui.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Sumbing

Gunung Sumbing tak hanya menjadi sasaran bagi para pendaki saja, gunung ini juga memiliki keindahan yang begitu memukau. Sehingga tak heran jika banyak pendaki yang rela meluangkan waktunya demi hobby sekaligus ingin mencapai Puncak Sumbing demi menikmati keindahan yang ada di sana. Gunung ini memiliki kawasan hutan montane yang dilengkapi dengan dipterokarp bukit dan atas yang membuat cuaca di sekitarnya menjadi lembab berawan.

Baca Juga: Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango

Di antara Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro sendiri juga terdapat bentang jalan yang menghubungkan antara Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo. Jalur ini dikenal dengan sebutan Kledung Pass yang merupakan jalur favorite untuk mencapai Puncak Sindoro. Selain itu jalur ini juga menjadi jalur utama pendakian ke Gunung Sumbing yang mana diberi nama sebagai Pos Garung.

Sebenarnya jalur pendakian Gunung Sumbing terbagi menjadi tiga yaitu jalur pendakian Garung dan Bowongso yang terdapat di Wonosobo serta jalur pendakian Cepit Parakan yang terdapat di Temanggung. Namun dari ketiga jalur tersebut, jalur pendakian via Garunglah yang sangat populer digunakan oleh para pendaki. Dikarenakan jalur ini memiliki  medan yang lumayan lebih mudah dibandingkan dua jalur sebelumnya.

Untuk kamu yang semakin berniat menjajakan kaki ke Puncak Sumbing, persiapkan segala sesuatunya secara lebih detail terlebih dahulu. Medan pendakian yang sulit mengharuskan para pendaki melakukan persiapan secara matang. Selain itu estimasi biaya mendaki Gunung Sumbing juga harus kamu siapkan jauh hari sebelum keberangkatan menuju lokasi. Berikut rincian daftar estimasi mendaki ke Gunung Sumbing, Jawa Tengah.

Baca Juga: Jalur Pendakian Gunung Lawu

Biaya Mendaki Ke Gunung Sumbing

Jika dari arah Ibukota Jakarta, maka kamu bisa menggunakan transportasi darat seperti bus. Gunakan bus Sinar Jaya dengan arah Jakarta – Wonosobo, baik itu dari terminal Rawamangun, Kalideres atau dari arah Pulo Gadung. Untuk tarifnya sendiri berbeda-beda tergantung dari terminal yang kamu gunakan yaitu berkisar antara Rp 65.000 – Rp 85.000

Setelah sampai di terminal Wonosobo dengan menempuh perjalanan selama 13 jam, maka silahkan cari angkutan umum yang mengarah ke Kecamatan Garung. Biasanya angkutan yang paling umum digunakan adalah bus mini yang melintas di sekitar daerah tersebut. Untuk tarifnya sendiri cukup murah yaitu sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000.

Jika sudah sampai di Garung, kamu bisa menggunakan jasa ojek untuk mengantarkan ke Pos I Garung agar lebih cepat. Ongkosnya sendiri bervariatif sekitar Rp 15.000 – Rp 25.000 lakukan negosiasi untuk mendapatkan tarif termurah. Setelah sampai silahkan untuk mendaftar ke Simaksi, di sana kamu akan dikenakan harga tiket masuk pendakian Gunung Sumbing sebesar Rp 7.000/orang.

Baca Juga: Jembatan Gantung Situ Gunung Yang Ngehits

Dengan rincian estimasi biaya mendaki Gunung Sumbing di atas, maka kamu bisa melakukan persiapan mulai dari sekarang. Tidak terlalu mahal, cukup persiapkan biaya sekitar Rp 300.000 – Rp 400.000 jika ingin melakukan pendakian ke Gunung Sumbing, Jawa Tengah. Biaya tersebut sudah termasuk ongkos pulang pergi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *