Estimasi Biaya Mendaki Gunung Sindoro

via @purnomo_02

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Sindoro – Sudahkah kamu menjajakan kaki pendakian ke Gunung Sindoro? Gunung Sindoro atau yang biasa disebut Sundoro atau Sindara merupakan salah satu gunung vulkanik aktif yang ada di Jawa Barat. Sindoro terletak di perbatasan antara Kabupaten Temanggung – Wonosobo dan berjejer disebelah Gunung Sumbing.

Baca Juga: Jumlah Taman Nasional di Indonesia

Gunung vulkanik aktif dengan tipe strato yang membentuk kerucut ini memiliki ketinggian 3.136m dpl yang mana dikelilingi oleh padang rumput dengan tumbuhan edelweis yang begitu memukau. Tak heran jika Gunung Sindoro menjadi pilihan tempat petualang bagi mereka yang suka dengan kegiatan pendakian. Untuk kamu yang ingin merasakan tantangan mendaki ke Gunung Sindoro. Maka berikut estimasi biaya mendaki Gunung Sindoro yang bisa kamu persiapkan dengan baik.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Sindoro

Sebagai salah satu gunung yang sangat populer dikalangan pendaki, Sindoro memiliki daya tariknya tersendiri hingga membuat para petualang seakan penasaran untuk menjajakan kakinya hingga ke Puncak Sindoro. Selain bentuknya yang kerucut dan memiliki ketinggian yang menjulang, gunung ini juga memiliki keindahan ladang yang begitu memukau dengan tumbuhan edelweis yang bisa memanjakan mata para pendaki Sindoro.

Selain keindahannya tersebut, gunung ini juga terletak pas disebelahnya Gunung Sumbing. Jadi tak lengkap rasanya jika sudah menjajakan kaki di Gunung Sumbing, namun meninggalkan tantangan pendakian di Gunung Sindoro. Untuk bisa sampai ke Puncak Sindoro ada empat jalur pendakian yang bisa kamu pilih yaitu jalur pendakian lewat Kledung, jalur pendakian Sibajak lewat Temanggung, Jalur pendakian Sigedang lewat Tambi dan jalur pendakian Jlumprit lewat Dusun Katekan.

Baca Juga: Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango

Namun dari keempat jalur tersebut jalur pendakian lewat Kledung adalah yang paling umum digunakan. Karena pada jalur ini medannya relatif lebih mudah dan sering digunakan para pendaki Sindoro sehingga lebih aman khususnya bagi para pendaki pemula. Untuk kamu yang ingin mencoba mendaki ke Gunung Sindoro, maka berikut rincian daftar estimasi biaya mendaki Gunung Sindoro.

Biaya Mendaki Gunung Sindoro

Seperti biasanya untuk para pendaki yang ingin sampai ke lokasi tujuan Gunung Sindoro. Maka bisa menggunakan beberapa pilihan transportasi yang ada. Misalnya saja jika kamu dari arah berat atau dari Pusat Ibukota Jakarta, maka kamu bisa menggunakan transportasi darat yang biayanya lebih terjangkau. Kamu bisa berangkat dengan menggunakan bus Sinarjaya dari arah Jakarta menuju Wonosobo. Untuk tarifnya sendiri sekitar Rp 80.000 – Rp 90.000.

Baca Juga: Gunung di Jawa Barat

Setelah menempuh perjalanan sekitar 12 – 13 jam, maka kamu tiba di terminal Medolo Wonosobo. Di sana kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Kabupaten Temanggung dengan menggunakan angkutan umum. Untuk tarifnya sendiri sekitar Rp 15.000 – Rp 20.000 dengan lama perjalanan sekitar 45 menit sampai 1 jam. Setelah itu mintalah untuk diturunkan di Desa Kledung.

Selanjutnya jika sudah tiba di Desa Kledung para pendaki harus melakukan pendaftaran Simaksi dengan harga tiket masuk pendakian Gunung Sindoro sebesar Rp 15.000/orang. Jika pendaftaran sudah kamu lakukan, maka silahkan untuk menuju ke Pos I Sindoro yang berjarak sekitar 3 – 4 Km dari gardu Simaksi. Apabila ingin lebih cepat kamu bisa menggunakan jasa ojek setempat dengan tarif sekitar Rp 20.000 – Rp 30.000. Tergantung negosiasi yang kamu lakukan.

Baca Juga: Jalur Pendakian Gunung Lawu

Jika ditotalkan maka estimasi biaya mendaki ke Gunung Sindoro kurang lebih sekitar Rp 300.000 – Rp 400.000 an. Dari sini kamu bisa mempersiapkan biaya tersebut jauh hari sebelum melakukan pendakian. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Sindoro, Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *