Estimasi Biaya Mendaki Gunung Semeru

oleh
Foto:naturalsunricetour.com

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Semeru – Siapa tak kenal dengan semeru? Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini memang begitu digandrungi oleh para pendaki tanah air. Tak sedikit dari mereka yang rela meluangkan waktunya demi bisa mencapai puncak tertinggi Pulau Jawa yang satu ini. Selain tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci (Jambi) dan Gunung Rinjani (Nusa Tenggara Barat).

Baca Juga: Jumlah Taman Nasional di Indonesia

Gunung yang berada didua kabupaten yaitu Kabupaten Malang dan Lumajang ini memang memiliki daya tarik yang begitu luar biasa. Ketinggian gunung yang mencapai 3.676m dpl dengan bentuknya yang kerucut, tak mengurangi niat pendaki melakukan kegiatannya disana. Medan jalurnya yang lumayan sulit dan terjal justru membuat sensasi dan tantangan tersendiri. Untuk kamu yang ingin melakukan pendakian di Gunung Semeru. Berikut estimasi biaya mendaki Gunung Semeru.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Semeru

Melakukan pendakian gunung tidak lantas dilakukan begitu saja, dibutuhkan berbagai persiapan secara matang, baik itu kondisi fisik, perlengkapan selama mendaki, hingga biaya yang dibutuhkan. Untuk keperluan biaya inilah yang harus kamu persiapkan jauh-jauh hari. Agar ketika melakukan proses pendakian berlangsung kamu tidak kekurangan biaya hingga kepulangan nanti. Berikut ini adalah daftar rincian estimasi biaya mendaki di Gunung Semeru yang bisa kamu ketahui.

Baca Juga: Misteri Gunung Salak

Untuk bisa sampai di lokasi pendakian Gunung Semeru, umumnya para pendaki harus menempuh perjalanan dari Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Di lokasi inilah biasanya para pendaki akan dibawa menuju ke Pos 1 Semeru di Desa Ranupane Kabupaten Lumajang untuk melakukan perizinan pendakian atau Simaksi.

Namun, sebelum sampai di Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang, perjalanan akan dimulai dari Pusat Ibukota Jakarta. Di mana dari posisi awal tersebut akan terdapat biaya-biaya transportasi yang harus kamu perhatikan. Berikut rincian daftar estimasi biaya transportasi untuk mendaki ke Gunung Semeru, Jawa Timur.

Biaya Mendaki Ke Gunung Semeru

Perjalanan kali ini akan dimulai dari stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Dari sana kamu bisa menggunakan kereta api ekonomi Matarjaya jurusan Jakarta – Malang. Perjalanannya sendiri cukup lama yaitu membutuhkan waktu selama 18 – 19 jam. Untuk harga tiket kereta api ekonomi sebesar Rp 110.000 – Rp 120.000.

Setelah sampai di stasiun Arjosari, Malang perjalanan masih harus kamu lanjutkan untuk menuju ke Kecamatan Tumpang. Untuk lebih menghemat biaya, kamu bisa menggunakan angkutan umum yang biasanya stay di depan stasiun. Cari angkutan yang menuju ke Kecamatan Tumpang atau kamu bisa tanya orang di sekitar agar lebih mudah.

Baca Juga: Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango

Untuk tarif angkot di sini lumayan mahal, karena biasanya kamu akan ditawari dengan harga tertinggi sekitar Rp 100.000 – Rp 150.000. Namun, sebelum menggunakan angkot ada baiknya jika kamu melakukan negosiasi untuk mendapatkan harga angkutan termurah kira-kira hanya sekitar Rp 20.000 – Rp 40.000 saja.

Setibanya di Kecamatan Tumpang kamu akan menemui banyak pendaki yang akan menuju ke Puncak Semeru. Dari sini kamu masih harus menuju ke Pos 1 yang ada di Desa Ranupane Kabupaten Lumajang. Perjalanan tersebut bisa kamu tempuh menggunakan transportasi Jeep, ojek, dan lainnya. Setelah tiba di Ranupane silahkan untuk melakukan pendaftaran pendakian ke Simaksi. Di sana para pendaki akan dikenakan tarif pendakian sebesar Rp 17.500/hari untuk weekday.

Baca Juga: Jalur Pendakian Gunung Lawu

Dengan rincian estimasi biaya mendaki Gunung Semeru di atas, setidaknya kamu harus mempersiapkan segala kebutuhan dengan baik. Biaya tersebut hanya untuk keberangkatan menuju lokasi pendakian Gunung Semeru saja. Untuk biaya lainnya kamu bisa menambahkan sendiri hingga proses kepulangan nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *