Estimasi Biaya Mendaki Gunung Rinjani Lombok

oleh
Foto:rinjaninationalpark.com

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Rinjani Lombok – Nama Gunung Rinjani seakan tidak pernah lepas dari ingatan para petualangan. Gunung Rinjani yang merupakan salah satu gunung berapi tertinggi nomor dua setelah Gunung Kerinci di Jambi ini memang begitu luas biasa. Tak heran jika gunung ini selalu menjadi tujuan favorite bagi para wisatawan domestik maupun lokal. Di kalangan pendaki, pesona Gunung Rinjani juga sangat populer dibandingkan gunung-gunung lainnya.

Gunung tertinggi nomor dua di Indonesia ini memiliki ketinggian sekitar 3.726m dpl, yang mana di Puncak Rinjani terdapat sebuah Kaldera besar membentuk Segara Anakan. Segara Anakan inilah yang menjadi satu daya tarik tersendiri di kalangan pendaki. Untuk kamu yang ingin mendaki Gunung Rinjani dalam waktu dekat ini. Maka berikut estimasi biaya mendaki Gunung Rinjani Lombok yang bisa kamu ketahui untuk bahan persiapan yang lebih lengkap.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Rinjani Lombok

Sebagai salah satu gunung yang memiliki pesona keindahan terbaik di Indonesia, maka tak jarang niat wisatawan dan pendaki ingin menahklukan Puncak Rinjani. Bahkan banyak yang beranggapan jika menahklukan Puncak Rinjani menjadi sebuah kebanggan tersendiri. Keindahan alam yang begitu asli, kaldera Segara Anakan yang membesona, sekaligus medan pendakian yang lumayan menantang menjadi satu tantangan tersendiri.

Untuk bisa mencapai Puncak Gunung Rinjani Lombok, maka tersedia dua jalur pendakian yang bisa kamu pilih yaitu jalur pendakian via Sembalun dan jalur pendakian via Senaru. Namun umumnya para pendaki memulai rute pendakiannya via Sembalun dan mengakhiri pendakiannya via Senaru karena kamu bisa menghemat rute sepanjang 700m ketinggian.

Jalur Sembalun sendiri rutenya memang sedikit lebih panjang, namun medannya lumayan landai dibandingkan jalur Senaru. Namun jika memulai pendakian lewat Sembalun kamu akan dihadapkan dengan tantangan panasnya terik matahari karena di jalur ini kamu akan lebih banyak melewati padang savana yang begitu luas.

Berbeda jika kamu mengambil rute via Senaru, di sini rutenya memang lebih pendek dibandingkan Sembalun. Namun medannya cukup terjal dengan ketinggian yang hampir mendatar. Kamu akan melewati sebuah tanjakan tanpa jeda, namun untuk cuaca sedikit lebih lembab karena rute akan lebih banyak melewati hutan.

Kini program pendakian Gunung Rinjani sudah banyak ditawarkan dalam bentuk paket tour, namun jika kamu ingin melakukan pendakian secara pribadi. Berikut estimasi biaya mendaki ke Gunung Rinjani Lombok yang bisa kamu perhatikan. Biaya ini tergolong lebih terjangkau dibandingkan dengan penawaran paket tour yang biasanya kamu ketahui.

Biaya Mendaki Ke Gunung Rinjani Lombok

Untuk bisa mencapai lokasi Gunung Rinjani tersedia beberapa pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan. Namun karena perjalanan dimulai dari Ibukota Jakarta, maka pemilihan menggunakan transportasi udara menjadi pilihan yang paling tepat. Untuk transportasi udara kamu bisa siapkan tarif sebesar Rp 1.200.000 (Bandara Soekarno Hatta – Bandara Lombok).

Setiba dibandara kamu bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus, silahkan ambil jalur menuju Sembalun – Senaru (Gunung Rinjani). Untuk tarifnya sendiri cukup bervariatif sekitar Rp 500.000 – Rp 900.000, tergantung bus yang kamu gunakan. Setelah sampai di pos 1 Rinjani, silahkan melakukan perizinan untuk melakukan pendakian di Simaksi.

Untuk tiket masuk pendakian Gunung Rinjani Lombok sangat murah yaitu Rp 2.500/pendaki, sementara untuk tiket pendaki warga asing mengalami kenaikan yaitu sebesar Rp 20.000/pendaki. Selain harga tersebut, jika kamu ingin menggunakan jasa Guide cukup tambahkan biaya sekitar Rp 250.000/Guide.

Rincian estimasi biaya mendaki Gunung Rinjani Lombok di atas belum termasuk biaya makan, keperluan pendakian, dan biaya lain-lain. Tambahkan sesuai dengan kebutuhanmu masing-masing. Semoga daftar rincian estimasi biaya mendaki di Gunung Rinjani Lombok ini dapat menjadi informasi tambahan bagi kamu semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *