Estimasi Biaya Mendaki Gunung Raung

oleh
Foto:pecinta-alam.com

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Raung – Di kalangan pendaki mungkin nama Gunung Semeru dan Gunung Bromo adalah yang paling populer. Namun di antara kedua gunung tersebut, masih ada sejumlah gunung lainnya yang wajib dicoba sensasi pendakiannya. Misalnya saja Gunung Argopuro yang terkenal dengan trek jalur pendakian terpanjang di Pulau Jawa dan juga Gunung Raung yang memiliki trek jalur terekstrim di antara gunung-gunung lainnya.

Gunung Raung adalah salah satu gunung berapi di Jawa Timur yang terletak diperbatasan antara wilayah Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi. Gunung ini memiliki bentuk kerucut dengan ketinggian mencapai 3.344m dpl. Meskipun ketinggiannya tidak seberapa, namun jalur pendakian Raung terkenal akan medannya yang sulit dan begitu menantang. Sebelum bergegas melakukan pendakian ke sana, maka berikut estimasi biaya mendaki Gunung Raung yang bisa kamu ketahui.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Raung

Gunung Raung yang merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan merupakan gunung tertinggi keempat di Pulau Jawa. Membuat nama gunung ini seakan menjadi sasaran bagi para pendaki lokal maupun manca. Wilayah Gunung Raung yang masuk dalam kawasan Pegunungan Ijen, tak heran jika keindahan gunung ini mampu memikat hati para petualang khususnya bagi mereka yang memiliki hobby tracking.

Terdapat 4 titik puncak Gunung Raung yang bisa kamu datangi yaitu Puncak 17, Puncak Merdeka, Puncak Tusuk Gigi, dan Puncak Sejati yang merupakan puncak tertinggi Raung. Medan pendakian dengan kemiringan yang hampir sejajar, membuat para pendaki harus melakukan panjat tebing guna mencapai Puncak Sejati. Jadi selain membawa perlengkapan pendakian, kamu juga harus membawa peralatan panjat tebing seperti tali dan helm pengaman.

Untuk bisa sampai ke titik puncak Gunung Raung tersedia 2 jalur pendakian yang bisa digunakan yaitu jalur Wiringin yang ada di Kabupaten Bondowoso dan jalur Kalibaru yang ada di Kebupaten Banyuwangi. Dari kedua jalur tersebut, umumnya para pendaki lebih banyak memilih untuk jalur via Kalibaru di Banyuwangi. Karena lebih dekat dengan puncak Raung sekaligus akomodasinya juga lebih mudah.

Sebelum memulai pendakian di titik terendah Gunung Raung, maka ada baiknya jika kamu memperhatikan rincian estimasi biaya mendaki Gunung Raung yang akan kamu gunakan. Biaya di bawah ini hanya untuk keperluan transportasi keberangkatan dan juga biaya pendakian Gunung Raung.

Biaya Mendaki Ke Gunung Raung

Perjalanan menuju puncak Gunung Raung akan dimulai dari pusat Ibukota Jakarat. Kamu bisa menggunakan transportasi darat maupun udara, tergantung dari budget yang kamu miliki. Namun untuk meminimalisir pengeluaran biaya, maka menggunakan transportasi darat menjadi pilihannya. Kamu bisa menggunakan bus antar Provinsi atau kereta api ekonomi jurusan Jakarta – Malang – Jember – Banyuwangi.

Namun jika menggunakan bus, cukup cari jurusan Jakarta – Banyuwangi lewat terminal Kampung Rambutan, Pulo Gadung, atau lainnya. Untuk tarifnya sendiri sekitar Rp 200.000 – Rp 300.000, tergantung dari bus yang kamu gunakan. Setelah sampai di terminal Banyuwangi, maka perjalanan masih harus kamu lanjutkan untuk menuju Kecamatan Kalibaru. Biasanya perjalanan bisa ditempuh menggunakan bus mini dengan tarif rata-rata sekitar Rp 20.000 – Rp 40.000.

Jika sudah sampai di Kecamatan kalibaru, maka untuk mencapai Pos 1 Gunung Raung kamu bisa menggunakan jasa ojek setempat dengan tarif rata-rata sekitar Rp 30.000. Sesampainya di sana, silahkan untuk melakukan pendaftaran Simaksi dengan tarif karcis sebesar Rp 15.000/pendaki. Jika ingin menginap di basecamp maka cukup keluarkan biaya tambahan Rp 15.000 saja.

Dengan rincian daftar estimasi biaya mendaki ke Gunung Raung di atas, maka kamu bisa mempersiapkan semua biaya mulai dari sekarang. Ingat, biaya tersebut belum termasuk biaya-biaya kebutuhan lainnya. Jadi kamu harus mempersiapkan biaya lebih untuk menjangkau kebutuhan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *