Estimasi Biaya Mendaki Gunung Penanggungan

oleh
Foto: Superadventure.co.id

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Penanggungan – Sudahkan kamu memasukkan Gunung Penanggungan di list pendakian berikutnya? Gunung Penanggungan adalah salah satu gunung berapi berbentuk kerucut yang ada di Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian hanya sekitar 1.653m dpl yang membentang didua Kabupaten yaitu Pasuruan dan Mojokerto.

Jika dilihat dari ketinggiannya, Gunung Penanggungan begitu kecil dibandingkan Gunung Semeru dan Gunung Welirang yang mengapitnya. Bahkan gunung ini sering disebut sebagai miniatur cantik yang berasal dari Puncak Mahameru, Gunung Semeru. Meskipun relatif lebih pendek, tak ada salahnya jika trek pendakian Gunung Penanggungan menjadi sasaran pendakian kamu berikutnya. Namun sebelum melakukan pendakian, berikut estimasi biaya mendaki Gunung Penanggungan.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Penanggungan

Meskipun treknya tidak terlalu sulit dan medan yang dilalui juga lebih mudah, pendakian di Gunung Penanggungan ini bisa kamu gunakan sebagai acara liburan yang menyenangkan. Selain itu juga bisa kamu gunakan sebagai ajang pemanasan sebelum menjajakan kaki di puncak tertinggi Jawa Timur lainnya.

Di puncak Gunung Penanggungan kamu sendiri kamu akan merasakan padang pasir dengan bebatuan yang sangat luas. Karakter seperti ini juga bisa kamu temui di Puncak Mahameru, Gunung Semeru. Untuk bisa mencapai puncak tersebut, ada 3 jalur pendakian yang bisa kamu gunakan. Jalur pendakian Wonosuryo yang ada di Kecamatan Gempol, jalur pendakian Jolotundo yang ada di Kecamatan Ngoro, dan jalur pendakian Tamiajeng yang ada di Kecematan Trawas.

Dari ketiga jalur tersebut, jalur pendakian via Trawas adalah yang paling populer dan paling sering dilalui oleh para pendaki. Medannya yang sudah memadai dan lebih dekat dengan jarak puncak Gunung Penanggungan, membuat jalur ini selalu ramai dikunjungi. Sebelum memulai pendakian di titik terendah Gunung Penanggungan via jalur Trawas, maka berikut rincian daftar estimasi biaya mendaki di Gunung Penanggungan, Jawa Timur.

Biaya Mendaki Ke Gunung Penanggungan

Karena letak Gunung Penanggungan yang strategis, maka untuk sampai ke sana bisa kamu tempuh melalui jalur mana pun. Perjalanan kali ini akan dimulai dari Pusat Ibukota Jakarta menuju Kecamatan Trawas, Kabupaten Pasuruan. Kamu bisa menggunakan transportasi darat untuk meminimalisir pengeluaran biaya. Ambil bus jurusan Jakarta – Surabaya atau bisa juga dengan menggunakan kereta api ekonomi jurusan Jakarta Surabaya.

Jika kamu menggunakan kereta api, maka kamu bisa memulainya dari stasiun Gambir Jakarta Pusat dengan rute Jakarta – Surabaya. Untuk tarif kereta api ekonomi sekitar Rp 104.000, setelah itu turun di stasiun Pasar Turi Surabaya. Setelah itu perjalanan masih harus kamu lanjutkan menggunakan bus antar kota dengan jurusan Surabaya – Pasuruan. Tarif bus standar sekitar Rp 15.000 – Rp 25.000, tergantung bus yang kamu gunakan.

Setelah sampai di terminal Pasuruan, kamu bisa menggunakan angkutan umum untuk menuju Kecamatan Trawas. Jika ingin lebih cepat maka perjalanan bisa kamu tempuh menggunakan jasa ojek setempat. Namun biayanya lebih mahal yaitu sekitar Ro 20.000 – Rp 30.000, biasakan untuk melakukan negosiasi sebelum menggunakan jasa ojek tersebut. Mintalah untuk diturunkan di pertigaan Jalatundo Desa Seloliman.

Setelah sampai di Gerbang masuk Jalatundo, biasanya kamu diwajibkan untuk melakukan pendaftaran Simaksi. Untuk biaya pendakian Gunung Penanggungan sendiri sekitar Rp 15.000/pendaki. Di sana kamu bisa langsung melanjutkan perjalanan menuju Pos 2 dengan jalanan setapak biasa.

Dengan rincian daftar biaya estimasi mendaki Gunung Penanggungan di atas, maka setidaknya kamu bisa memperkirakan berapa biaya yang akan dibutuhkan. Biaya di atas belum termasuk biaya keperluan lain. Jadi persiapkan biaya tambahan lainnya untuk mencakup kebutuhan lainnya selama pendakian berlangsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *