Estimasi Biaya Mendaki Gunung Papandayan

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Papandayan – Untuk kamu yang memiliki hobby mendaki gunung, maka salah satu gunung yang ada di Kabupaten Garut ini bisa menjadi pilihannya. Gunung Papandayan adalah salah satu gunung yang masih aktif di Indonesia. Lokasinya berada di Desa Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Baca Juga: Hotel Gantung Tertinggi di Dunia

Gunung yang memiliki ketinggian mencapai 2665m di atas permukaan laut ini menjadi salah satu pesona wisata yang difavoritkan oleh para pendaki Indonesia. Tak hanya Indonesia, wisatawan manca pun juga banyak yang mencoba sensasi tracking di Gunung Papandayan Garut ini. Untuk kamu yang ingin melakukan pendakian di Gunung Papandayan. Maka berikut rincian estimasi biaya mendaki Gunung Papandayan di Garut, Jawa Barat.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Papandayan

Gunung Papandayan memang terkenal dengan keindahan alam disekitarnya. Di mana saat melakukan pendakian ke sana kamu akan disuguhkan dengan panorama alam yang begitu memukau. Di sepanjang trek pendakian, umumnya memiliki keindahan yang ditampilkan oleh beberapa kawah yang ada. Gunung ini memiliki beberapa titik keindahan kawah yang bisa kamu lihat saat proses pendakian menuju Puncak Papandayan.

Baca Juga: Cara Pasang Flysheet

Selain memiliki pesona keindahan alam yang begitu memukau, di sana kamu bisa menikmati keindahan alam semesta lewat ketinggian dari Gunung Papandayan. Tak heran jika gunung ini selalu ramai dikunjungi oleh para pendaki khususnya di hari libur nasional. Untuk kamu yang ingin menikmati pendakian Gunung Papandayan, maka berikut rincian daftar estimasi biaya mendaki di Gunung Papandayan, Jawa Barat.

Biaya Mendaki Ke Gunung Papandayan

Untuk bisa sampai ke Gunung Papandayan yang ada di Kabupaten Garut, kamu bisa menggunakan transportasi seperti bus atau bisa juga menggunakan kendaraan pribadi. Jika kamu memilih untuk menggunakan bus, maka silahkan untuk mengambil rute dari Terminal Kampung Rambutan yang ada di Jakarta Timur. Selain itu kamu juga bisa dari terminal lain misalnya dari arah Pulo Gadung, Kalideres, atau yang lain.

Ongkos setiap terminal tentu berbeda-beda, tergantung dari bus yang kamu gunakan. Namun jika kamu dari arah Terminal Kampung Rambutan menuju ke Kabupaten Garut, kamu akan dikenakan ongkos sekitar Rp 50.000 – Rp 65.000. Untuk lama perjalanannya sendiri kurang lebih selama 4 jam.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Tempat Camping di Bogor

Setelah sampai di Terminal Garut, maka kamu bisa memilih menggunakan angkutan umum yang ada atau bisa juga dengan menggunakan kendaraan carter. Namun jika ingin lebih hemat, maka silahkan untuk menggunakan angkutan umum saja. Jika menggunakan angkutan umum biasanya kamu akan dikenakan tarif sekitar Rp 25.000 untuk bisa sampai ke Desa Cisurupan.

Jika sudah sampai di Desa Cisurupan, kamu bisa menggunakan jasa ojek yang ada di sekitar. Biasanya untuk tarifnya sendiri tergantung nego yang kamu lakukan yaitu sekitar Rp 40.000 – Rp 50.000. Sedangkan untuk masuk ke kawasan Gunung Papandayan sendiri kamu juga harus mengeluarkan tarif sebesar Rp 20.000 untuk pengunjung nusantara di hari biasa dan Rp 30.000 di hari libur nasional.

Baca Juga: Penampakan Hantu di Gunung Salak

Sedangkan untuk wisatawan mancanegara tarif yang dipatok cukup mahal yaitu Rp 200.000 di hari biasa dan Rp 300.000 di hari libur nasional. Jika kamu ingin menggunakan jasa Guide ataupun sewa perlengkapan camping, maka kamu harus siapkan tambahan biaya lainnya, memang tiket masuk gunung papadayan cukup mahal dibanding dengan gunung lainya di wilayah barat khususnya.

Jika ingin melakukan pendakian ke Gunung Papandayan, maka sebaiknya lakukan di hari biasa saja. Karena pada hari biasa jalur lokasi pendakian lebih sepi sehingga kamu lebih leluasa menikmati keindahan yang ada. Jangan lupa untuk mempersiapkan segala kebutuhanmu termasuk dengan estimasi biaya mendaki Gunung Papandayan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *