Estimasi Biaya Mendaki Gunung Merbabu

oleh
Image:jejakmatabackpacker.com

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Merbabu – Melakukan pendakian tidak hanya menuntaskan hobby semata, melainkan kegiatan ini juga mengajarkan kemandirian dan kekompakan satu sama lain. Tak heran jika kegiatan mendaki banyak dilakukan guna menciptakan rasa solidaritas yang ada di samping karena hobby yang dimiliki. Untuk kamu yang suka melakukan pendakian di deretan gunung Indonesia, maka jangan pernah melewatkan sensasi mendaki di Gunung Merbabu Jawa Tengah.

Baca Juga:Taman Nasional di Indonesia

Gunung Merbabu adalah salah satu gunung berapi yang ada di Indonesia, dimana gunung ini berada di Provinsi Jawa Tengah. Merbabu dengan status aktifnya kini memiliki ketinggian 3.145m dpl, yang mana membentang di 3 Kabupaten yaitu Magelang, Boyolali, dan Semarang. Bagi yang ingin melakukan pendakian dalam waktu dekat ini. Maka berikut daftar estimasi mendaki Gunung Merbabu yang bisa kamu ketahui.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Merbabu

Sebelum membahas estimasi biaya pendakian Gunung Merbabu, tak ada salahnya jika kita mengulas sedikit keindahan yang ada dibaliknya. Gunung Merbabu adalah salah satu gunung berapi berbentuk kerucut yang mana gunung ini memiliki tipe strato. Letaknya sendiri berada pas disebelah Gunung Merapi. Jika dipandang kedua gunung ini hampir serupa dan dijuluki sebagai gunung kembar selain Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing

Gunung Merbabu juga sangat populer dikalangan pendaki, gunung ini menjadi ajang pendakian yang cukup stabil baik itu bagi pendaki senior maupun pendaki junior. Meskipun medan yang dilalui tidak terlalu berat, namun para pendaki harus waspada terhadap kabut tebal , udaranya yang dingin serta hujan yang bisa datang sewaktu-waktu. Selain itu para pendaki harus melakukan penghormatan kepada leluhur  sebagai tradisi sebelum melakukan pendakian.

Untuk bisa sampai ke Puncak Merbabu, ada 5 jalur yang bisa digunakan yaitu jalur Kopeng Thekelan. jalur Kopeng Cunthel, jalur Wekas, jalur Selo, dan jalur Suwanting. Di antara kelima jalur tersebut, jalur Selo merupakan salah satu jalur pendakian yang paling banyak dipilih dan relatif lebih ramai dibanding empat jalur lainnya. Jika ingin melakukan pendakian via Selo, maka berikut rincian estimasi mendaki Gunung Merbabu via Selo.

Biaya Mendaki Gunung Merbabu

Perjalanan kali ini akan dimulai dari pusat Ibukota Jakarta yaitu dari stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat. Kali ini transportasi yang dipilih menggunakan kereta api, karena selain lebih hemat biaya perjalanan juga lebih cepat. Kamu bisa menggunakan kereta api Tawang Jaya dengan tarif rata-rata sebesar Rp 120.000 menuju stasiun Purwokerto.

Setibanya di sana, kamu bisa langsung lanjutkan perjalanan menuju ke Kabupaten Semarang yaitu dengan menggunakan angkutan bus dengan tarif sekitar Rp 30.000 – Rp 50.000. Tergantung dari bus yang kamu gunakan. Perjalanan bisa kamu lanjutkan kembali menuju Selo – Jogja, di sini kamu bisa menggunakan beberapa transportasi. Misalnya saja seperti charter mobil, taxi, ataupun dengan menggunakan angkutan umum yang lebih ekonomis.

Setelah sampai di jalur pendakian Selo, maka kamu akan disambut gapura selamat datang di Kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu. Sebelum memulai pendakian kamu diwajibkan melakukan pendaftaran Simaksi. Di sana kamu akan dimintai tarif harga tiket masuk pendakian sebesar Rp 15.000/orang. Cukup murah bukan?

Dengan estimasi biaya mendaki ke Gunung Merbabu di atas, maka kamu bisa mengetahui sekaligus melakukan persiapan biaya mulai dari sekarang. Tidak terlalu mahal, tergantung bagaimana kamu menggunakan seluruh biaya yang kamu siapkan. Semoga informasi biaya estimasi di atas bisa menambah pengetahuan bagi para pendaki yang akan melakukan pendakian Merbabu dalam waktu dekat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *