Estimasi Biaya Mendaki Gunung Merapi

Image:korinstour.com

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Merapi – Siapa yang tak kenal dengan Gunung Merapi? Salah satu kawasan wisata yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah ini memang sangat populer di kalangan wisatawan. Tak heran jika lokasi ini memiliki daya tarik tersendiri. Selain banyak digunakan sebagai lokasi wisata, Gunung Merapi juga menjadi tujuan bagi para pendaki.

Meskipun dikategorikan sebagai gunung berbahaya karena sering mengalami erupsi, namun Gunung Merapi tetap menjadi idaman di kalangan para pendaki lokal maupun manca. Tak jarang dari mereka bisa mencapai Puncak Merapi dengan mudah. Kini untuk kamu yang ingin mencoba mendaki ke Puncak Gunung Merapi. Berikut ada estimasi biaya mendaki Gunung Merapi yang bisa kamu ketahui.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Merapi

Gunung Merapi adalah salah satu gunung yang berada di tengah Pulau Jawa dan termasuk gunung teraktif di Indonesia. Secara administratif gunung ini berada di lima wilayah yaitu bagian selatan membentang di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Sleman, sedangkan sisanya berada di Magelang, Boyolali dan Klaten. Gunung ini memiliki ketinggian 2.930m dpl, di mana statusnya masih aktif.

Sejak tahun 2004 kawasan hutan Gunung Merapi dijadikan sebagai Taman Nasional yang selalu ramai akan kunjungan wisatawan. Di sisi lain, kecantikan puncak tengah Pulau Jawa ini juga selalu memikat para pendaki untuk menjajakan kakinya di sana. Kegiatan mendaki ke Gunung Merapi memang dapat dilakukan, namun setiap pendaki yang ingin melakukan kegitaan tersebut harus benar-benar melakukan izin terlebih dahulu.

Sama seperti gunung-gunung berapi lainnya, trek pendakian di Gunung Merapi dapat dikatakan sangat menantang nyali bagi para pendaki. Pasalnya trek yang harus dilalui didominasi oleh tanjakan terjal bebatuan yang begitu panjang. Selain itu kesulitan mencapai Puncak Merapi pun juga akan kamu lalui, sepanjang medan pasir dengan kemiringan yang begitu ekstrim benar-benar menguras tenaga.

Namun, perjuangan yang kamu lakukan untuk menggapai puncak tengah Pulau Jawa ini akan terbayar lunas. Di mana keindahan dan kecantikan alam disekitarnya memang menjadi magnet tersendiri. Sehingga tak mengurangi sedikit pun niat para pendaki untuk tidak melakukan pendakian di Puncak Merapi. Untuk kamu yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Merapi, berikut rincian daftar estimasi biaya mendaki Gunung Merapi yang bisa kamu persiapkan.

Biaya Mendaki Ke Gunung Merapi

Kali ini perjalanan akan dimulai dari Pusat Ibukota Jakarta, di mana ada beberapa pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan untuk bisa sampai ke kawasan Gunung Merapi Jawa Tengah. Kamu bisa menggunakan angkutan transportasi umum seperti bus antar provinsi dari terminal Kampung Rambutan, Polo Gadung, atau lainnya. Cari bus dengan jurusan Jakarta – Semarang, jika naik bus kira-kira tarif yang harus kamu keluarkan sekitar Rp 160.000 – Rp 180.000.

Setelah itu perjalanan bisa kamu lanjutkan dengan menggunakan angkutan bus antar kota dengan jurusan Semarang – Boyalali. Untuk tarif sekitar Rp Rp 25.000 – Rp 40.000 tergantung dari bus yang kamu gunakan. Perjalanan masih harus kamu lanjutkan dari terminal Boyolali menuju Kecamatan Selo, tarifnya sendiri sekitar Rp 15.000 – Rp 25.000. Untuk bisa sampai ke Basecamp 1, kamu bisa menggunakan jasa ojek setempat. Tarif ojek di sini tergantung penawaran dan negoisasi.

Sesampainya di jalur pendakian Selo, maka kamu diharuskan melakukan pendaftaran Simaksi dan akan dikenakan tarif Rp 16.000 dengan jaminan meninggalkan KTP di pos jaga. Biaya tersebut sudah termasuk tiket karcis, biaya pendakian, dan biaya penelusuran hutan.

Dengan rincian estimasi biaya mendaki Gunung Merapi di atas. Kamu bisa mempersiapkan berapa biaya yang akan dibutuhkan mulai dari perjalanan, proses pendakian hingga perjalanan pulang kembali. Semoga informasi ini bisa menjadi bahan perkiraan biaya mendaki ke Gunung Merapi, Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *