Estimasi Biaya Mendaki Gunung Kerinci

oleh
Image:sandysarif.blogspot.com

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Kerinci – Siapa yang tak kenal dengan gunung tertinggi di Indonesia ini? Kerinci atau Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Gunung ini terketak di Provinsi Jambi yang berbatasan langsung dengan Sumatera Barat. Tak hanya dikenal sebagai gunung tertinggi di Indonesia, Kerinci juga menjadi wisata spot favorite bagi para pendaki Gunung.

Tak heran jika di waktu libur, lokasi ini banyak didatangi oleh para pendaki yang berasal dari dalam ataupun luar kota. Selain memiliki sensasi pendakian yang cukup menantang, puncak Kerinci juga menawarkan keindahan yang sangat luar biasa. Inilah yang mungkin menjadi satu daya tarik wisatawan akan gunung yang satu ini. Kini untuk kamu yang ingin mencoba mendaki di Gunung Kerinci, berikut daftar estimasi biaya mendaki Gunung Kerinci yang bisa kamu ketahui.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Kerinci

Buat kamu yang ingin mencoba melakukan pendakian di Gunung Kerinci Jambi, maka tak perlu bingung dengan biaya yang dibutuhkan. Mengenai soal biaya sebenarnya tergantung dari diri kita masing-masing bagaimana mensiasatinya. Jika kamu bisa memilih alternatif yang paling baik, tentu biaya pun bisa kamu minimalisir sebaik mungkin. Berikut ada rincian estimasi biaya mendaki Gunung Kerinci yang bisa kamu tempuh melalui dari Jakarta.

Untuk menuju ke Gunung Kerinci sendiri kamu bisa menggunakan transportasi darat maupun udara, tergantung berapa besar biaya yang telah kamu siapkan. Jika ingin cepat sampai ke tujuan, jelas menggunakan transportasi udara menjadi pilihannya. Namun jika ingin menghemat uang, maka menggunakan transportasi darat pun bisa kamu lakukan.

Transportasi Jalur Udara

Jika kamu ingin menggunakan transportasi jalur udara, maka kamu bisa mengambil pesawat jurusan Jakarta Jambi dari Bandara Soekarno – Hatta menuju bandara Sultan Thaha Jambi. Ada banyak maskapai yang bisa kamu pilih misalnya saja seperti Citylink, Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air, dan yang lainnya. Untuk lama perjalanannya sendiri tentu lebih cepat, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 15 menit untuk bisa sampai ke Bandara Sultan Thaha Jambi.

Sedangkan untuk biaya pesawat terbang sendiri kamu bisa menyiapkan ongkos sekitar Rp 450.000 (ongkos normal). Setekah sampai di Bandara Sultan Thaha Jambi, kamu bisa menggunakan angkutan umum seperti taxi, travel ataupun lainnya. Untuk biayanya sendiri tergantung dari kendaraan yang kamu gunakan. Namun jika ingin murah, kamu bisa menggunakan kendaraan umum saja.

Ada altenatif untuk jalur udara yaitu dari Jakarta tujuan ke Padang kemudian dilanjutkan dengan perjalanan darat kearah Padang -Kresiktuo. Biaya untuk tiket pesawat Jakarta -Padang yaitu Rp.490.000 – Rp. 770.000 armada ada dari Lion, Citilink, Batik, dan Sriwijaya Air silahkan pilih sesuai selera kamu. Sedangkan untuk jalur darat dari Padang – Kresik Tuo asumsi biaya sekitar 70k-90k dimana biaya 70k jika naik bus mini alias elf dan alternatif yang kedua yaitu naik mobil pribadi seperti Avanza dengan tarif 90k atau naik Bus Damri dengan tarif 18k. Perjalanan darat dari Padang -Kresik Tuo memakan waktu -+8 jam perjalanan tergantung Cuaca dan kondisi jalan.

Transportasi Jalur Darat

Untuk pilihan yang satu ini tentu biayanya lebih murah dibandingkan dengan menggunakan transportasi jalur udara. Jika ingin menggunakan transportasi jalur darat, maka kamu bisa menggunakan kendaraan bis antar kota Jakarta – Jambi seperti Medan Jaya, Handoyo, Famili Raya Ceria, ALS atau lainnya.

Jika menggunakan angkutan umum seperti bis, maka kamu bisa mulai ari Terminal Kampung Rambutan Jakarta. Setelah itu kamu akan turun di Terminal Kota Bangko Kabupetan Jambi. Untuk waktu perjalanannya sendiri sekitar 2 hari 2 malam (waktu normal). Sedangkan untuk biayanya sendiri sekitar Rp 250.000 – Rp 350.000. Lebih murah bukan?

Biaya Mendaki Ke Gunung Kerinci

Untuk biaya lainnya biasanya kamu akan dikenakan biaya administrasi masuk kawasan Gunung Kerinci sebesar Rp 3.000 – Rp 7.500 per orang. Namun jika ingin menyewa porter maka kamu bisa siapkan uang lebih sekitar Rp 250.000 – Rp 300.000 bisa dinego.

Selain mempersiapkan biaya, tentu persiapan fisik juga sangat penting untuk diperhatikan. Lakukan aktivitas pendakianmu dengan kondisi fisik yang prima, jangan lupa membawa segala keperluan lainnya. Serta siapkan estimasi biaya mendaki Gunung Kerinci murah yang sudah kamu ketahui di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *