Estimasi Biaya Mendaki Gunung Ijen

Image:banyuwangibagus.com

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Ijen – Siapa tak kenal dengan wisata Kawah Ijen? Gunung Ijen adalah salah satu gunung berapi di Jawa Timur dengan status aktif yang mana terletak diperbatasan antara Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.443m dpl yang bersebelahan dengan Gunung Merapi. Saat letusan tahun 1999 terjadi sebuah fenomena alam yang sangat luar biasa. Di Puncak Gunung terdapat sebuah kawah yang disebut dengan Kawah Ijen.

Kawah Ijen adalah sebuah danau yang berada di Puncak Gunung Ijen yang mana memiliki sifat asam. Danau ini memiliki kedalaman hingga 200m, sedangkan untuk luasnya sendiri sekitar 5.466 hektar. Kecantikan danau inilah yang sering diburu oleh para wisatawan hingga mereka rela melakukan pendakian ke Gunung Ijen. Untuk kamu yang ingin melakukan pendakian di Gunung Ijen, Jawa Timur. Maka berikut estimasi biaya mendaki Gunung Ijen yang bisa kamu ketahui.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Ijen

Untuk bisa menikmati keindahan Gunung Ijen dan Kawah Ijen, maka para pendaki atau wisatawan tak perlu melakukannya di hari libur. Karena di hari biasa pun lokasi ini tetap ramai dikunjungi berbagai wisatawan. Selain itu banyak masyarakat sekitar yang mencari penghasilan lewat pengangkutan belerang yang berasal dari dekat kawah. Bahkan jika di hari-hari tertentu, lokasi ini sangat ramai sehingga kamu pun tidak bisa leluasa menikmati keindahan yang ada.

Jika ingin ke sana, maka kamu bisa mengambil rute dari mana saja baik itu dari arah Kabupaten Bondowoso ataupun dari Kabupaten Banyuwangi. Namun kebanyakan wisatawan lebih banyak memilih jalur via Banyuwangi karena lebih dekat dengan Puncak Ijen. Jika dalam waktu dekat ini kamu ingin pergi ke sana atau melakukan pendakian ke Gunung Ijen. Maka perhatikan estimasi biaya mendaki Gunung Ijen berikut.

Estimasi biaya di bawah ini bisa kamu gunakan untuk memperkirakan berapa biaya yang dibutuhkan untuk pergi ke sana. Biaya di mulai dari awal keberangkatan, proses pendakian, hingga menjelang pulang nanti. Semua biaya dibeberkan secara lengkap terutama untuk estimasi biaya transportasi yang digunakan.

Biaya Mendaki Ke Gunung Ijen

Perjalanan akan dimulai dari pusat Ibukota Jakarta menuju Kawasan Wisata Gunung Ijen via Banyuwangi. Kamu bisa menggunakan kereta api ekonomi dengan rute Jakarta – Malang – Banyuwangi atau bisa juga menggunakan bus antar Provinsi jurusan Jakarta – Banyuwangi. Namun karena naik kereta api lebih cepat dan biayanya pun lebih terjangkau, maka kamu bisa memutuskan untuk menggunakan kereta api jenis ekonomi. Tarifnya sendiri sekitar Rp 109.000.

Setelah sampai di stasiun Arjosari Malang, kamu bisa translite menggunakan kereta api dengan rute Malang – Banyuwangi. Tarifnya sendiri sekitar Rp 62.000 turun di stasiun Karangasem. Dari stasiun perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan bus mini menuju Paltuding. Biasanya akan ada bus yang melintas khusus jurusan Paltuding, namun tarifnya sendiri lebih mahal sekitar Rp 40.000 – Rp 60.000. Jika ingin lebih hemat kamu bisa menumpang truk pengangkut belerang yang ada di sana.

Untuk sampai ke pintu masuk Kawasan Wisata Kawah Ijen, kamu bisa menggunakan jasa ojek sekitar. Setelah sampai kamu bisa langsung membeli tiket masuk Gunung Ijen sebesar Rp 5.000/orang untuk hari biasa dan Rp 7.000/orang untuk hari libur. Sedangkan untuk tiket wisatawan asing sebesar Rp 100.000/orang untuk hari biasa dan Rp 150.000/orang untuk hari libur.

Dengan keterangan estimasi biaya mendaki Gunung Ijen di atas, maka kamu akan lebih mudah memperkirakan berapa biaya yang akan dibutuhkan jika hendak ke sana. Biaya tersebut belum termasuk biaya kebutuhan pribadi seperti makan, biaya penginapan, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *