Estimasi Biaya Mendaki Gunung Gede Pangrango

oleh

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Gede Pangrango – Aktivitas mendaki gunung memang bisa menjadi kegiatan liburan yang menyenangkan untuk kamu lakukan. Salah satu lokasi pendakian yang bisa kamu tuju adalah di Gunung Gede Pangrango. Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu deretan gunung dengan status aktif yang ada di Jawa Barat. Tepatnya berada di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Tempat Camping di Bogor Jawa Barat

Untuk bisa melakukan pendakian ke Gunung Gede Pangrango, umumnya para pendaki harus melakukan izin terlebih dahulu. Selain itu pendaki juga diwajibkan membayar tiket masuk yang telah ditetapkan. Namun sebelum melakukan pendakian ke Gunung Gede Pangrango, berikut ada informasi mengenai estimasi biaya mendaki Gunung Gede Pangrango yang bisa kamu ketahui.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Gede Pangrango

Untuk kamu yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Gede Pangrango yang ada di Jawa Barat. Maka bisa menggunakan akses jalur transportasi darat misalnya saja dengan menggunakan angkutan umum seperti bus. Namun jika ingin menggunakan atau membawa kendaraan pribadi juga bisa, tergantung kamu ingin menggunakan transportasi yang mana.

Jika kamu memilih menggunakan transportasi umum yang ditempuh dari Ibukota Jakarta kira-kira akan membutuhkan waktu sekitar 3 – 4 jam. Kamu bisa mulainya dari Terminal Kampung Rambutan, Kalideres, atau bisa juga lewat Terminal Pulo Gadung. Di sana ada banyak angkutan umum yang mengarah ke Kabupaten Sukabumi. Untuk biayanya sendiri tidak terlalu mahal, cukup dengan tarif sekitar Rp 50.000 – 70.000 saja tergantung dari bus yang kamu pilih.

Baca Juga: Gunung di Jawa Tengah

Setelah sampai di Terminal Sukabumi, maka kamu bisa memilih menggunakan angkutan umum yang banyak disediakan di sana. Ongkosnya sendiri cukup bervariatif, tergantung nego yang kamu lakukan. Biasanya untuk tarif umum dari Cibodas berkisar antara Rp 4.000 – Rp 10.000. Namun jika kamu dari arah Gunung Putri, ongkosnya akan lebih mahal yaitu sekitar Rp 15.000 – Rp 20.000.

Selain biaya transportasi, tentu kamu juga akan dikenakan biaya lainnya. Misalnya saja harga tiket masuk ke Gunung Gede Pangrango. Berdasarkan peraturan baru mengenai daftar harga tiket masuk ke Gunung Gede Pangrango sendiri sebagai berikut:

Biaya Mendaki Ke Gunung Gede Pangrango

1.Tiket domestik hari biasa Rp 27.500/orang dengan lama waktu pendakian 2 hari 1 malam

2.Tiket domestik hari libur Rp 32.500/orang dengan lama waktu pendakian 2 hari 1 malam

3.Tiket domestik khusus pelajar Rp 16.000 dengan lama waktu pendakian 2 hari 1 malam. Minimal harus 10 orang per kelompok atau group.

4.Tiket mancanegara hari biasa Rp 157.500/orang dengan lama waktu pendakian 2 hari 1 malam

5.Tiket mancanegara hari libur Rp 232.500/orang dengan lama waktu pendakian 2 hari 1 malam

Jika kamu ingin melakukan pendakian dalam waktu dekat ini, maka biaya estimasi yang harus kamu siapkan sekitar Rp. 100.000 an. Cukup murah bukan untuk aktivitas pendakian ini? Selain itu jika ingin melakukan pendakian di Gunung Gede Pangrango Jawa Barat, maka rincian daftar estimasi biaya mendaki Gunung Gede Pangrango di atas bisa kamu gunakan untuk tambahan informasi selanjutnya.

Baca Juga: Gunung di Jawa Barat

Selain mempersiapkan biaya mendaki, tentu perlengkapan lain pun juga harus kamu siapkan secara lengkap. Namun untuk kamu yang ingin menggunakan fasilitas sewa, tentu biaya estimasi pun juga harus kamu tambah. Tidak hanya itu saja, sebagai kegiatan yang menguras tenaga, tentu kekuatan fisik dan kesehatan juga harus dijaga. Jaga kondisi fisik sebaik mungkin, baik itu sebelum melakukan pendakian atau selama pendakian dilakukan, karena hal ini sangat penting sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *