Estimasi Biaya Mendaki Gunung Dempo

oleh
Image:info-indo.blogspot.com

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Dempo – Ingin menikmati keindahan Gunung Dempo? Gunung Dempo adalah salah satu deretan gunung yang berada di Provinsi Sematera Selatan dan berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu. Selain terkenal akan keindahannya, Gunung Dempo juga memiliki keindahan kawah gunung yang begitu memukau. Tak heran jika gunung ini menjadi tempat tujuan para pendaki Indonesia dan juga manca negara.

Berbicara mengenai pendakian ke Gunung Dempo, tentu bisa kamu lakukan saat ini atau bisa juga saat liburan tiba nanti. Sebagai salah satu gunung yang diapit oleh jejeran Pegunungan Bukit Barisan, tak heran jika gunung ini memiliki begitu banyak keindahan yang layak kamu saksikan. Untuk kamu yang ingin mendaki ke Gunung Dempo, Sumatera Selatan. Maka berikut estimasi biaya mendaki Gunung Dempo yang bisa kamu persiapkan sebelumnya.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Dempo

Sebelum melanjutkan ke topik mengenai estimasi biaya mendaki ke Gunung Dempo, tak ada salahnya jika kita berbicara mengenai kondisi trek menuju Puncak Gunung Dempo. Jika diperhatikan gunung ini hampir berbentuk kerucut, dimana ketinggiannya sangat curam sehingga bagi pendaki pemula memang harus ekstra berhati-hati.

Jika ingin melakukan hiking ke Gunung Dempo, maka kamu bisa melakukannya di hari biasa maupun saat hari libur. Gunung ini juga menjadi incaran bagi para pendaki baik dari masyarakat lokal maupun pendaki dari luar kota. Selain itu banyak masyarakat setempat yang memang bermata pencarian di sekitar gunung, jadi tidak perlu takut jika lokasi akan sepi.

Trek pendakian yang akan kamu lalui, memang bisa dikatakan sangat menguras tenaga. Pasalnya gunung ini masih dikelilingi oleh hutan homogen yang sangat lebat. Jika sudah masuk atau sedikit traking ke atas, tentu suasana hening akan kamu rasakan. Jika berbicara mengenai kemiringan trek, gunung ini memiliki karakter trek yang hampir sama ketika kamu melakukan pendakian ke Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat. Dimana medannya cukup sulit karena masih banyak ditumbuhi semak.

Namun setelah melintasi hutan homogen pendakian selanjutnya justru tidak begitu sulit. Dimana kamu akan menemui trek bebatuan krikil yang kecil, sama seperti jalur lintasan dibeberapa pendakian gunung lainnya. Kemiringannya sendiri sekitar 40 derajat, jadi tidak begitu curam dan masih dapat dikatakan stabil. Niat untuk melakukan pendakian ke Gunung Dempo tentu semakin besar bukan? Berikut jalur transportasi sekaligus rincian estimasi biaya mendaki Gunung Dempo.

Biaya Mendaki Ke Gunung Dempo

Untuk bisa sampai ke Gunung Dempo, kamu bisa menggunakan beberapa pilihan transportasi. Kini perjalanan kita mulai dari Pusat Ibukota Jakarta. Jika kamu dari Jakarta, maka kamu bisa menggunakan transportasi udara ataupun darat, tergantung dari budget yang kamu miliki. Untuk transportasi udara sendiri kamu bisa menggunakan maskapai penerbangan dari arah bandara Soekarno – Hatta, kira-kira jika menggunakan transportasi ini budgetnya Rp 450.000 – Rp 550.000.

Namun jika kamu lebih memilih transportasi darat, tentu biayanya sendiri lebih terjangkau. Kamu bisa menggunakan bus antar kota misalnya saja seperti SAN. Sedangkan untuk budgetnya sendiri tergantung dari terminal yang kamu pilih, kira-kira sekitar Rp 300.000 an. Namun untuk transportasi darat perjalanannya cukup lama yaitu sekitar 2 – 3 hari.

Setelah sampai di terminal Kota Pagaralam, kamu bisa melanjutkan dengan naik transportasi umum mengarah ke Gunung Dempo. Lama waktunya sendiri sekitar 7 jam, sedangkan untuk tarifnya sekitar Rp 100.000 – Rp 150.000 tergantung angkutan yang kamu pilih. Setelah sampai di pintu masuk kawasan Gunung Dempo, kamu bisa memilih untuk menggunakan Guide pendaki atau bisa juga melakukan pendakian sendiri bersama group atau kelompok pendaki lain.

Jika berbicara mengenai estimasi biaya mendaki Gunung Dempo tidaklah terlalu mahal. Tergantung bagaimana kamu mengatur budget yang kamu miliki. Tunggu apa lagi, nikmati sensasi pendakian di Gunung Dempo Sumatera Selatan dengan sensasinya yang begitu menantang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *