Estimasi Biaya Mendaki Gunung Sangiang Bima NTB

Foto:Ariani

Biaya Mendaki Gunung Sangiang NTB –Pernah mendengar Sangiang? mungkin bagi kamu yang sudah melanlang buana di dunia pendakian mendengar kata ”Sangiang” tidak begitu asing akan tetapi bagi para pemula atau bahkan yang belum pernah mendaki kata ”Sangiang” sangat asing di telinga. Sangiang adalah sebuah pulau yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dimana dipulau ini ada sebuah Gunung yang juga diberi nama Gunung Sangiang. Gunung Sangiang adalah gunung yang masih aktif hingga saat ini dan terakhir meletus pada tahun 2014 tepatnya bulan Mei.

Baca Juga: Berikut Daftar Gunung Berapi di Pulau Sumatera Yang Perlu Kamu Tahu

Gunung Sangiang memiliki dua puncak dimana puncak pertama Doro Api dengan ketinggian 1.949 Mdpl dan puncak kedua dinamakan Doro Mantoi dengan ketinggian 1.795 Mdpl dan untuk bisa menggapai kedua puncak tersebut dibutuhkan mental dan fisik yang ekstra.

Foto:Ariani

Baca Juga: Estimasi Biaya Mendaki Gunung Rinjani Lombok

Bagi kamu yang ingin mendaki gunung sangiang dalam waktu dekat ini. Maka berikut bisa kami berikan informasi biaya mendaki gunung sangiang yang bisa kamu ketahui untuk bahan persiapan yang lebih matang sebelum kamu mendaki Gunung Sagiang Apin Bima.

Untuk bisa mencapai lokasi gunung sangiang tersedia beberapa pilihan transpotasi yang bisa kamu gunakan. Untuk menyikat waktu lebih baik kamu menggunakan pesawat dimana perjalanan dimulai dari Jakarta bisa menuju ke Bima ( CGK – BMU) dengan biaya 930k – 1300k setibanya kamu di Bima bisa melanjutkan dengan menggunakan traspotasi darat yang menuju Wera dengan jarak tempuh  -+ 60km lama perjalanan 2 – 3 jam perjalanan dari Bima, setelah kamu sampai di Wera kamu melanjutkan perjalanan menuju Sangiang darat disini kamu bisa memanfaatkan jasa ojek lokal untuk bisa sampai di sangiang darat.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Tempat Camping di Bogor Jawa Barat

Perjalanan kamu belum sampai di tanah pulau sangiang, kamu baru saja sampai dibibir pulau sangiang darat untuk melanjutkan perjalanan menuju gunung sangiang kamu harus naik perahu dari sangiang dari ke pulau sangiang dimana ada dua opsi naik perahu bisa atau Boat jika kamu naik perahu bisa memakan waktu yang lama jika naik Boat hanya butuh waktu kurang lebih 50 menit tidak sampai 1 jam dengan biaya 500k untuk perahu biasa dan untuk Boat di range 500k – 1000k.

Untuk mendaki gunung sangiang pos yang kamu akan lewati antara lain:

  • Pos Tengengeng
  • Pos Padang Ilalang
  • Pos Bascamp
  • Summit Atack

Baca Juga : estimasi biaya mendaki gunung lauser aceh

Estimasi waktu pendakian dari pos tengengeng sampai ke pos bascamp memakan waktu -+ 5 jam perjalanan karena medan sangat sulit dan bagi kamu yang mendaki gunung sangiang disarankan ngecamp di antara pos Bascamp untuk summit ke puncak gunung sangiang. Dari cerita banyak pendaki track yang paling sulit adalah jalur sirotolmustakim dimana jalur ini di apit tebing kanan kiri dan pasir ,krikil bekas erupsi gunung sangian dan kamu wajib memakai sepatu Heavy Boot.

Rincian estimasi biaya mendaki Gunung Sangiang diatas belum termasuk biaya makan, keperluan pendakian, main, logistik dan biaya yang tidak terduga lainnya. Semoga informasi perihal biaya mendaki gunung sangiang ini bisa membantu bagi kamu yang ingin mendaki gunung sangian dan jika kurang dalam informasi mohon diberikan masukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *