Estimasi Biaya Mendaki Gunung Munara Bogor

oleh

Pendakian Gunung Munara Rumpin Bogor – Gunung Munara sendiri berlokasi di daerah Bogor tepatnya di Kampung Sawah,Rumpin yang mana gunung ini memiliki ketinggian 1119 Mdpl bisa di daki dengan 1 hari perjalanan saja dengan waktu tracking kurang lebih 1-2 jam dari area parkir Gunung Munara.

Baca Juga: Penampakan di Pos 4 Gunung Salak

Gunung Munara sendiri mulai tenar diawal tahun 2015 yang mana sebelum tahun tersebut hanya beberapa orang saja yang ingin mendaki gunung munara bisa dihitung jari pokonya seperti halnya dengan Gunung Batu Jonggol di akhir tahun 2014 cuma beberapa saja yang datang untuk menikmatinya dan pada waktu itu juga belum tersedia parkir dan retribusi masuk kawasan Gunung Batu namun semenjak di awal tahun 2015 Gunung batu mulai populer bersamaan dengan Gunung Munara ini yang mana ketinggian gunung batu tidak terlalu beda jauh sehingga minat akan pendakian kedua gunung ini naik drastis kala itu.

Baca Juga: Pendakian Gunung Gede

Bagi kamu yang tertarik untuk melakukan pendakian di Gunung Munara yang berasal dari Jakarta aksesnya cukup mudah:

Akses disarankan via Pondok Indah karena tidak terlalu macet jika weekend namun bagi kamu yang tnggal daerah Jakarta Timur Cibubur,Cipayung,Ciracas silahkan via jl.Raya Bogor saja kalo tinggal selain itu enakan via Pondok Indah perkiraan perjalan dari Kota Jakarta menuju Gunung Munara 2 jam 30 menit perjalanan estimasi waktu tergantung kecepatan berkedara kalian, makin gas poll makin mendekatkan pad maut 😀 santai saja bawa kendaraan itu cukup di angka yang aman yang penting kita sampai tujuan dengan selamat sentosa.

Baca Juga: Jembatan Gantung Situ Gunung Yang Lagi Viral

Setelah kamu sampai di pelantaran parkiran gunung munara kamu akan dikenakan parkir 5.000 untuk motor dan mobil 10.000 dan untuk retribusi pendakian gunung munara sebesaar Rp.5.000 jadi untuk total pengeluaran jika membawa motor kurang lebih 50k suah bisa menikmati indahnya puncak gunung munara.

Jalur tracking gunung munara tidak begitu terjal sudah disediakan jalur yang tertata rapi sampai pos tertentu hanya saja jika kamu sampai di pos terakhir yaitu summit kamu akan di uji nyali dengan memegang tali yang tersedia untuk sampai di puncak gunung munara, kemiringan sangat lumayan untuk summit gunung ini dengan cara merangkat dengan alat bantu tambang.

Baca Juga: 12 Tempat Camping di Bogor

Gunung munara terdapat banyak situs selama kamu tracking akan menemukan beberapa situs peninggalan yang sudah diberi plangkat dan nama diantaranya situs ”Tapak Tongkat Sultan Hasanudin” ada juga petilasan Sunan Gunung Jati yaitu Goa Tawasul dan yang paling di jaga atau tenar yaitu petilasan Goa Soekarno tidak jauh dari Goa Sultan Hasanudin.

Baca Juga: Taman Nasional di Indonesia

Demikian informasi tentang biaya mendaki gunung munara dan akses menuju gunung munara yang bisa kita informasikan semoga memberikan manfaat bagi para Pendaki yang ingin menikmati alam Bogor dengan cara melakukan pendakian gunung munara. Ingat jangan buah sampah sembarangan!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *