Beberapa Makanan yang sehat dan praktis untuk Mendaki

oleh
Image:Viapendaki
Image:Viapendaki

Mendaki Gunung tentu membutuhkan waktu yang cukup lama.Bahkan ada beberapa gunung di dunia yang sangat tinggi dan membutuhkan waktu berhari-hari untuk mencapai puncak.Makanan jelas menjadi hal yang sangat wajib di bawa ketika kita mendaki Gunung.Meskipun sepele, terkadang banyak pendaki yang salah membawa makanan ketika melakukan pendakian.

Kali ini saya akan memberikan saran makanan yang pas untuk mendaki. Langsung saja, berikut ini beberapa makanan sehat dan yang pasti praktis untuk di bawa mendaki.

-Madu

Keadaan alam di Gunung tentu sangat membahayakan bagi tubuh.Bahkan tak jarang, ada pendaki yang mendadak mengalami sakit ketika cuaca buruk sedang terjadi di Gunung. Madu sangatlah penting bagi tubuh. Kandungan positif yang ada pada madu tentu sudah tidak di ragukan lagi.Dari sumber yang saya baca, terdapat 64 kalori dalam satu sendok madu.Untuk itu, jangan lupa masukan madu dalam ransel bawaan anda sebelum melakukan pendakian.

-Air

Barang bawaan yang cukup banyak terkadang membuat para pendaki membawa sedikit air ketika berangkat.Hal tersebut sebenarnya sangat keliru.Pasalnya air adalah sumber tenaga bagi tubuh. Jika tubuh anda kekurangan air, tubuh anda pasti akan sangat kelelahan dan lemas. Untuk itu, banyak-banyaklah membawa bekal air ketika mendaki.

-Mie Instan

Makanan yang satu ini memang di kenal sangat praktis dan mudah di bawa kemana-mana.Selain itu, ternyata Mie Instan juga mengandung kalori yang cukup banyak.Ukuran yang tidak terlalu besar juga bisa menjadi alasan bahwa Mie Instan sangat cocok untuk di bawa ketika mendaki.Dari pengalaman saya, daripada membawa beras lebih baik membawa Mie Instan yang cukup banyak ketika mendaki.Hal tersebut saya lakukan untuk meringankan barang bawaan ketika mendaki.

-Biskuit Gandum

Bagi anda yang sudah pernah mendaki, tentu pernah merasakan rasanya berbagi biscuit Gandum dengan teman-teman.Hal inilah yang bisa membuat kegiatan mendaki lebih asyik dan menyenangkan.Selain itu, Biskuit Gandum juga mengandung 44 kalori yang merupakan sumber tenaga bagi tubuh.Untuk itu jangan lupakan makanan yang satu ini agar kegiatan mendaki kalian tdak terasa berat dan menjenuhkan.

-Sereal

Membatasi barang bawaan agar tidak mempersulit pendakian wajib di lakukan para pendaki. Hal tersebut membuat kalian harus cermat memiliki bekal yang akan di bawa. Sereal adalah makanan yang sangat cocok untuk menggantikan nasi.Meski tidak mengandung karbohidrat sebanyak nasi, sereal di anggap makanan pengganti yang pas untuk sementara waktu.

Biasanya para pendaki menggabungkan satu gelas susu untuk menambah karbohidrat sereal. Hal tersebut bisa menjadi sumber tenaga baru untuk tubuh anda yang mulai kehabisan tenaga.

-Cokelat

Makanan yang satu ini memang kaya akan manfaat. Selain mampu menunda rasa lapar, cokelat di percaya mampu membuat anda lebih tenang dan senang ketika melakukan aktivitas mendaki.Setidaknya dalam 1 ons coklat mengandung 170 kalori.Untuk itu, untuk memperlancar pendakian kalian, jangan lupa bawa makanan yang satu ini ya.

Demikian makanan yang bisa dijadikan logistik saat kita mendaki, semoga tips makan yang sehat dan praktis untuk mendaki ini bermanfaat bagi sobat yang mau mendaki gunung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *