7 Alat untuk Mendaki Gunung yang Penting Anda Bawa

oleh

Ketika melakukan pendakian gunung, Anda diwajibkan membawa perlengkapan atau peralatan yang berguna sebagai pelindung saat berada dalam alam terbuka. Mendaki gunung termasuk hobi yang membutuhkan banyak peralatan dan tidak sedikit biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan peralatan-peralatan tersebut. Bagi pemula, alat untuk mendaki gunung harus disiapkan secara matang-matang supaya saat di alam terbuka tidak kekurangan apapun.

Tidak hanya pemula yang baru belajar mendaki gunung, pendaki yang bahkan sudah sering mendaki, juga harus mempersiapkan peralatan dengan baik. Supaya saat sudah di atas gunung, kita mendapat kenyaman tersendiri karena menggunakan peralatan yang sudah disiapkan dengan baik.

Memanfaatkan jasa penyewaan alat untuk mendaki sebenarnya tidak menjadi masalah. Namun, jika menyewa peralatan kita tidak akan memperoleh kenyamaan seperti saat menggunakan peralatan-peralatan sendiri.

Hal ini karena peralatan-peralatan pada jasa penyewaan telah banyak digunakan oleh orang lain. Tidak menutup kemungkinan peralatan-peralatan tersebut ada yang sudah turun fungsinya atau bahkan rusak. Intinya tidak senyaman dengan menggunakan peralatan milik pribadi. Ada peralatan untuk mendaki yang harus Anda persiapkan dengan baik supaya kegiatan pendakian dapat berjalan lancar.

Alat Untuk Mendaki Gunung

  1. Tenda atau Dome

Peralatan pertama yang wajib ada yaitu tenda atau dome. Dengan membawa tenda atau dome Anda dapat terlindungi dari udara dingin, beristirahat dan ancaman gigitan hewan liar. Biasanya banyak pendaki tidak membawa tenda dengan alasan gunung yang mereka daki tidak terlalu tinggi. Ada juga yang beralasan bahwa tidak harus bermalam di atas gunung. Hal ini tentu salah, selalu bawalah tenda atau dome supaya pendakian lebih nyaman.

  1. Carrier atau Tas Gunung

Alat untuk mendaki gunung yang kedua adalah tas gunung. Tas ini didesain khusus supaya dapat membawa berbagai macam survival kitdan bahan logistik yang dapat digunakan saat di gunung. Hal yang perlu diperhatikan saat memilih tas gunung adalah jangan terpaku pada besarnya tas. Tetapi harus berfokus pada kebutuhan apa saja yang nantinya Anda masukkan pada tas gunung ini.

  1. Peralatan Memasak

Saat di atas gunung, kadang tidak ada yang menyediakan warung yang menjual makanan dan minuman. Oleh sebab itu, bawalah peralatan memasak yang akan sangat berguna saat lapar melanda ketika berada di atas gunung. Bawalah kompor lapangan berbahan bakar cair, gas atau padat. Selain itu jangan lupa membawa piring, sendok, gelas dan pisau.

  1. Alat Navigasi

Peralatan navigasi untuk dibawa saat berada di atas gunung adalah peta dan kompas. Alat ini sangat diperlukan terutama bagi yang tersesat agar dapat keluar dari jalan tersesat tersebut.

  1. Penerangan

Jangan lupa membawa senter atau head lamp. Alat ini sangat berguna ketika hari mulai malam dan gelap.

  1. Obat-Obatan Pribadi

Bagi Anda yang mempunyai masalah kesehatan seperti sakit lambung, maka membawa obat yang sering Anda minum adalah solusinya. Hal ini untuk mengantisipasi masalah kesehatan Anda apabila muncul saat mendaki gunung.

  1. Kantung Sampah atau Trashbag

Trashbag sangat diperlukan untuk membawa sampah selama dalam perjalanan serta dapat bermanfaat untuk melindungi barang-barang selama hujan atau badai.

Dengan mempersiapkan alat untuk mendaki gunung sebaik mungkin, diharapkan apapun keperluan yang Anda butuhkan dapat terpenuhi tanpa merepotkan orang lain. Selain itu dengan menyiapkan peralatan pendakian gunung dengan sebaik-baiknya, maka pendakian akan terasa lebih nyaman. Sehingga pengalaman kita mendaki menjadi berkesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *