5 Tips Memilih Tas Gunung Bagi Pemula yang Wajib Anda Ketahui

 

Tas gunung atau carrier untuk kegiatan alam bebas seperti pendakian gunung merupakan perlengkapan penting yang harus Anda bawa.  Di pasaran banyak dijual beraneka macam tas gunung dengan harga yang beranekaragam pula. Tentunya Anda harus cerdas dalam memilih tas gunung sesuai dengan kebutuhan. Beberapa tips memilih tas gunung bagi pemula dapat membantu Anda supaya tidak bingung dalam proses penyeleksian tas gunung terbaik.

Tips Memilih Tas Gunung Bagi Pemula

  1. Perhatikan Ukuran Tas

Untuk memilih carrier terbaik sebaiknya sesuaikan dengan lamanya perjalanan. Misalnya, jika melakukan perjalanan ke hutan atau gunung dengan lama perjalanan selama satu hari, pilihlah carrierukuran 30 – 40 liter. Lain lagi jika perjalanan yang mengharuskan Anda menginap selama dua hari, pilihlah ukuran 50 – 55 liter. Sedangkan jika perjalanan dengan waktu yang lebih lama gunakan ukuran 65 – 70 liter.

  1. Kenyamanan

Tali-tali yang dipasang di tas gunung atau carrier bukan sekedar hiasan belaka. Tali-tali tersebut menentukan nyaman atau tidaknya Anda saat memanggul carrier. Diantaranya ada tali dada, tali bahu, tali penyeimbang samping, tali pinggang maupun tali pengatur atas yang memegang kendali kenyaman Anda. Tak hanya itu, bantalan punggung serta pengatur panjang punggung juga tidak kalah penting.

  1. Jumlah Bukaan

Biasanya carrier dengan bukaan yang lebih banyak dijual lebih mahal. Semakin banyaknya bukaan pada tas gunung, maka akan semakin banyak pula barang-barang yang dapat Anda simpan. Jika carrier hanya mempunyai satu bukaan, Anda diharuskan membongkar semua barang bawaan jika ingin mengambil barang yang ditaruh paling bawah. Carrier yang bagus mempunyai empat bukaan yang berada di atas, tengah, belakang dan bawah.

  1. Kenali Berat yang Akan Dibawa

Tips memilih tas gunung bagi pemula selanjutnya adalah kenali berat yang akan dibawa. Perlengkapan apa saja yang akan dibawa dan bagaimana Anda mengaturnya supaya dapat masuk semua dalam carrier.

  1. Jenis Kelamin

Tas gunung yang dipakai untuk lelaki berbeda dengan yang dipakai untuk perempuan. Hal ini dikarenakan perempuan mempunyai ukuran punggung yang lebih pendek. Selain itu juga seperti bentuk tubuh bagian dada dan pinggul yang berbeda. Bentuk tubuh berbeda maka tas gunung yang dipakai juga berbeda.

Bagian Carrier beserta Fungsinya

Untuk lebih memahami dan memilih carrier yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan Anda, berikut dijelaskan bagian-bagian dari carrier beserta fungsinya.

  1. Tali Pengatur Atas

Biarpun barang bawaan dalam carrier berat, tali pengatur atas ini berfungsi supaya carrier tidak menggelantung ke bawah. Penggunaan pengatur atas ini juga bermanfaat untuk membagi titik beban antara puncak bahu dan tulang leher.

  1. Tali Dada

Fungsinya untuk menahan bantalan bahu agar tetap di tempatnya. Selain itu juga membantu sebagai penyeimbang carrier.

  1. Bantalan Punggung

Bantalan punggung merupakan tempat sentuhan antara ransel dan punggung Anda. Oleh sebab itu pilihlah tas gunung yang bantalan punggungnya nyaman dan mudah diatur.

  1. Tali Bahu atau Sabuk Bahu

Bantalan bahu harus empuk dan ada webbing pengatur yang dihubungkan dengan bagian atas rasnel. Selain itu, juga harus lembut di kulit dan pakaian Anda.

  1. Tali Pinggang

Sebaiknya pilihlah tas gunung yang mempunyai tali pinggang dengan bantalan empuk. Selain itu juga pilih yang tidak gampang turun atau melorot. Hal ini penting karena pingganglah yang akan menahan beban lebih banyak dan berat dibanding bahu.

  1. Kantong Atas

Kantong atas dapat digunakan untuk menyimpan beberapa perlengkapan yang sering kita gunakan. Sehingga tak perlu susah-susah mencarinya, cukup rogoh saja kantong atas untuk meraih topi, sarung tangan maupun makanan kecil.

  1. Rangka Dalam

Rangka dalam mempunyai fungsi mendekatkan ransel dengan punggung pemakai sehingga memperbaiki kestabilan dan kenyamanan.

  1. Pengatur Panjang Punggung

Bagian ini digunakan untuk mengatur panjang punggung carriersesuai dengan panjang punggung pemakai.

Demikian telah dijelaskan tips memilih tas gunung bagi pemula disertai dengan bagian-bagian tas gunung tersebut beserta fungsinya. Dengan memilih tas gunung terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda diharapkan perjalanan  Anda akan menjadi perjalanan yang nyaman dan menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *